Alat Peraga IPA Sederhana Kelas VI : Sistem Penyusun Tata Surya
A. Uraian Konsep
“ Sistem Penyusun Tata Surya ”
Standar Kompetansi : 9. Memahami matahari sebagai
pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
Kompetensi dasar : 9.1. Mendeksripsikan sistem tata surya dan
posisi penyusun tata surya.
Tujuan :
Melalui alat peraga, siswa diharapkan dapat menyebutkan urutan sistem
tata surya dan posisi penyusun tata surya.
B. Rincian Materi
Materi : “Sistem Tata Surya”
Dalam tata surya ada 8 planet, yaitu Merkurius, Venus,
Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet dikelompokkan
menjadi 2 yaitu planet dalam dan planet luar.
Planet dalam adalah planet yang berada dekat dengan
matahari. Ada 4 planet yang tergolong planet dalam, yaitu Merkurius, Venus,
Bumi, dan Mars. Planet dalam berukuran kecil dan permukaannya tersusun atas
bebatuan.
Planet luar terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, dan
Neptunus. Ukuran planet luar lebih besar daripada planet dalam. Planet luar
tersusun dari gas dan keadaannya sangat dingin karena jauh dari matahari.
Dengan menggunakan alat sederhana sistem tata surya, siswa
dapat mengetahui urutan planet-planet dari yang terdekat sampai yang terjauh
dari matahari. Selain itu siswa juga dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas
mengenai ukuran-ukuran planet dalam tata surya, karena alat sederhana dibuat
dengan menggunakan perbandingan berdasarkan ukuran planet sesungguhnya.
C. Alat dan bahan:
Alat :
ü
Pisau cutter
ü
Gunting
Bahan :
ü
Gabus
ü
Kertas marmer
ü
Tripleks ukuran 60 x 20 cm
ü
Selotip
ü
Gambar Planet- planet dengan ukuran tertentu.
D. Cara membuat:
1.
Potong gabus sebagai dudukan sistem tata surya dibungkus/ dilapisi
permukaannya dengan kertas marmer
2.
Bentuk planet dan matahari dengan menggunakan gabus berdasarkan diameter
gambar planet
3.
Tempel gambar planet pada bentukan gabus yang di bentuk sebelumnya.
4.
Rekatkan bagian planet- planet tersebut beserta matahari pada bidang
tripleks yang telah ditutupi gabus tadi.
5.
Susunlah matahari dan planet-planet berdasarkan sistem tata surya yang
tepat
6.
Sediakan gabus yang ditempeli dengan nama-nama planet serta diberikan
perekat pada gabus.
E. Cara Kerja/ Langkah Pembelajaran
1.
Setelah penyampaian materi, guru memerintahkan siswa untuk menyebutkan
bagian penyusun tata surya dengan menempelkan nama yang tercantum pada gabus
yang telah di bentuk pada gambar planet yang sesuai dengan nama planetnya
2. Siswa menyebutkan dan mengurutkan nama-nama planet mulai dari planet yang
terdekat dengan matahari sampai planet yang terjauh dari matahar berdasarkan
alat peraga.
0 Response to "Alat Peraga IPA Sederhana Kelas VI : Sistem Penyusun Tata Surya"
Post a Comment