Present Tense Terjemahan
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada dasarnya, untuk dapat menguasai
bahasa Inggris ini modal utama yang harus kita kuasai adalah mencakup masalah
Tenses. Bagaimana tidak? Ada berbagai macam sumber yang mengatakan bahwa
apabila kita bisa menguasai tenses-tenses yang tersedia di dalam ilmu Bahasa
inggris, maka itu berarti kita sudah menguasai 60% kemampuan berbahasa Inggris.Setelah
itu, kita hanya tinggal mengembangkan 40% sisanya dengan belajar ilmu-ilmu lain
dalam berbahasa Inggris.
Alasan kenapa kita harus
bisa menguasai tenses adalah karena dalam aktivitas berbahasa Inggris seperti
speaking atau writing, kita tentu akan menggunakan tenses dalam penerapannya
agar supaya orang lain mengerti apa yang kita maksud dan hendak disampaikan.
Pada penerapannya,
ketika kita tidak menggunakan rumus dari tenses dalam membuat suatu susunan
kalimat, hampir bisa dipastikan bahwa kita akan disalahkan atas kalimat-kalimat
yang dibuat. Oleh karena itu, pemahaman akan tenses sangat penting dimiliki
agar kita bisa berinteraksi ataupun memahami kalimat yang orang utarakan.
Keuntungan
lain dari menguasai tenses adalah kita bisa dipastikan dapat mengerti semua
tata bahasa ataupun gramatikal yang ada di dalam bahasa Inggris. Pasalnya,
semua tata bahasa atau gramatikal yang kita pelajari di dalam bahasa Inggris
itu tidak terlepas
dari
susunan kata, yang mana itu semua terangkum dalam 16 tenses yang tersedia dalam
bahasa Inggris.
Tenses merupakan hal yang penting dalam pendidikan bahasa inggris. Jika
seseorang ingin menguasai bahasa inggris dengan baik, maka ia harus dapat
menguasai tenses yang baik. Diantara bentuk-bentuk tenses kami akan membahas
present tense.
A.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian simple present tense, present continuous
tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense ?
2.
Apa kegunaan dari simple present tense, present continuous tense,
present perfect tense, dan present perfect continuous tense ?
3.
Apa saja rumus-rumus dari simple present tense, present
continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense ?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian dari simple present tense, present
continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense.
2. Untuk mengetahui kegunaan dari simple present tense, present
continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense.
3. Untuk mengetahui rumus dari simple present tense, present
continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, dan present perfect continuous tense.
a.
Simple present Tense
Simple Present Tense merupakan
kalimat sederhana yang digunakan untuk menjelaskan suatu kegiatan sehari-hari
atau kebiasaan sehari-hari. Present tense juga menyatakan suatu perbuatan atau
kegiatan yang berlangsung atau terjadi pada waktu sekarang dalam bentuk
sederhana.
b.
Present continuous
Tense
Present
Continuous Tense atau sering disebut juga Present Progressive Tense adalah
waktu berlangsung sekarang. Istilah present continuous tense biasa digunakan
pada British English, sedangkan pada American English lebih umum menggunakan
istilah Present Progressive Tense. Present Progressive Tense digunakan untuk
menyatakan kegiatan atau perbuatan yang sedang terjadi sekarang atau sedang
berlangsung pada saat berbicara. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan present
time (now).
c.
Present perfect tense
Present perfect tense dibentuk
dengan bentuk present tense dari "memiliki" ditambah past participle
dari kata kerja (yang dapat berupa teratur atau tidak teratur dalam bentuk).
Present Perfect Tense (waktu selesai sekarang)
adalah suatu
tenses yang digunakan untuk menyatakan perbuatan, peristiwa, kejadian yang
terjadi pada waktu lampau dan masih ada hubungannya dengan sekarang atau untuk
menunjukkan suatu peristiwa yang selesai pada
waktu yang singkat.
d.
Present Perfect
Continuous Tense
Menyatakan suatu
kejadian, peristiwa dan sebagainya, yang “sudah” terjadi dan “masih”
berlangsung bahkan sangat mungkin “akan” berlanjut. Dari dulu hingga kini
bahkan nanti. Kata “sudah” atau “dari dulu” disini bisa saja waktunya kemarin,
2 jam lalu, se-abad lalu, bisa juga beberapa menit yang lalu. Intinya kejadian
yang hendak diungkapkan dalam Present Pefect Continuous Tense ini sebenarnya
mirip dengan Present Continuous Tense, hanya saja penekannya bukan pada saat
ini, melainkan pada periode waktunya tadi itu: sudah, masih dan akan terjadi
B.
Kegunaan
a. Simple
Present Tense
1)
Digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan yang dilakukan
pada waktu tertentu( habits ).
Contoh :
·
I only eat vegetables
·
She drinks tea at breakfeast
·
He visits my house twice a week
2)
Digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang
berulang-ulang( repeated actions).
Contoh :
·
I go to market every morning
·
My parents are always at home on Sunday
3)
Digunakan untuk menyatakan suatu kebenaran umum, suatu
kebenaran umum yang terjadi terus menerus ( general truth )
Contoh :
·
The sun rises in the east and sets in the west
·
The earthis round
·
A week have seven week
·
Ice
is cold (es itu dingin.)
·
fire is hot (api itu panas.)
4)
Digunakan untuk menyatakan suatu instruksi atau arah
(instructions or directions)
Contoh :
·
Open the bottle and pour the contents into glass
·
I’ll let you enjoy dinner
5)
Digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak berubah (fixed
arrangements)
Contoh
:
·
His father arrives tomorrow
·
Our new year starts on the 1st January
6)
Digunakan untuk menyatakan dengan konstruksi masa depan
(with future constructions)
Contoh :
·
She’ll see you before she leaves
·
We’ll give it to her when she arrives
b.
Present Continuous Tense
1) Digunakan
untuk menunjukkan kejadian yang terjadi sekarang.
Contoh:
·
my father is bringing a
magazine
·
look! She is smiling at
you.
·
She is working now
2) Digunakan
untuk menunjukkan kejadian yang akan terjadi pada masa depan (future).
Contoh:
·
What are you doing
tomorrow evening?
·
I am going to cinema
tomorrow evening.
·
I am coming here again
tomorrow
3) Digunakan
untuk menunjukkan kejadian yang terjadi sementara.
Contoh:
·
I am living with some
friends until I find a flat.
·
We are listening the
radio before she come
·
He usually plays the
drums, but he is playing bass guitar tonight
4) Digunakan
untuk menyatakan kejengkelan.
Contoh:
·
I am always loosing my
key
·
He is continually calling
me up in the night.
5) Digunakan
untuk menyatakan suatu kejadian yang berangsur-angsur berubah.
Contoh:
·
The population of the
world is rising fast.
·
Is your English getting
better?
c. Present perfect Tense
1) Untuk
menyatakan perbuatan yang dilakukan waktu lampau dan masih berlangsung hingga
sekarang.
Contoh :
·
I have waited you since
afternoon (Aku sudah menunggumu sejak sore)
·
He has gone since
morning (Dia sudah menunggumu sejak pagi)
2) Untuk menerangkan perbuatan
yang telah selesai secara sempurna.
Contoh :
·
Budi has given me a
book (Budi sudah memberi aku sebuah buku)
·
We have helped
him (Kami sudah membantu dia)
3) Untuk
menerangkan suatu perbuatan ulangan pada waktu yang tidak menentu sebelum
sekarang
Contoh :
·
I have never promised
to met her (Saya belum pernah berjanji untuk menemuinya)
·
She has ever met us (Dia sudah pernah bertemu
kami)
d. Present perfect continuous tense
1) Untuk
menunjukkan aktivitas yang sudah dikerjakan dan masih berlangsung hingga saat
ini.
Contoh:
·
She has been sleeping since one hour ago. (Dia telah tidur
sejak 1 jam yang lalu <saat ini pun masih tidur>).
·
We have been walking for a whole day, but we don’t arrive
yet. (Kita sudah jalan kaki seharian, tapi kita belum sampai juga)
2) Untuk
menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai dan efeknya masih bisa dirasakan
pada saat ini.
Contoh:
·
It has just been raining all
night, and the garden is still wet.
·
The fire fighter has just evacuating the
victim from that building.
C.
Rumus
a.
Simple present tense
1)
Kalimat Verbal
+
|
Subject + Verb 1 + Object
|
-
|
Subject + DON'T / DOESN'T + Verb 1
+ Object
|
?
|
DO / DOES + Subject + Verb 1 +
Object?
|
?
|
Question Word + DO/ DOES + Subject
+ Verb 1?
|
Contoh
:
+
|
I speak English everyday
She speaks English everyday
|
-
|
I don't speak English
She doesn't speak English
|
?
|
Do you speak English?
Jawaban: Yes I do, atau No, I don't
Does she speak English?
Jawaban: Yes She does, atau No, She doesn’t
|
?
|
Why do you speak English everyday ?
|
a.
Rumus kalimat verbal
positif
yang digunakan adalah :
Untuk subyek
I, You, We, They :
Subyek + infinitive (Verb 1)
|
Untuk subyek He, She, It :
Subyek + infinitive (Verb 1) +
s/es
|
Keterangan :
Infinitive
(Kata kerja dasar) disebut juga kata kerja bentuk pertama (Verb 1)
Contoh
:
·
I write a letter everyday. (Saya menulis surat setiap hari)
·
She reads a magazine every morning.
·
(Dia membaca majalah
setiap pagi)
·
They visit their grandmother every Friday.(Mereka
mengunjungi neneknya setiap hari Jum'at)
Ada
beberapa aturan yang harus diperhatikan saat menambahkan s/es pada kata kerja
dasar (infinitive), yaitu sebagai berikut :
1.
Pada umumnya kata kerjanya (infinitive) langsung ditambah
dengan akhiran "-s"
No
|
Verb 1 (infinitive)
|
Penambahan akhiran “-s”
|
Arti kata
|
1
|
read
|
Reads
|
membaca
|
2
|
work
|
Works
|
bekerja
|
3
|
write
|
Writes
|
menulis
|
4
|
set
|
Sets
|
terbenam
|
5
|
shine
|
Shines
|
bersinar
|
6
|
sing
|
Sings
|
menyanyi
|
7
|
bring
|
Brings
|
membawa
|
8
|
eat
|
Eats
|
makan
|
9
|
help
|
Helps
|
menolong
|
10
|
give
|
Gives
|
memberi
|
2.
Kata kerja (infinitive) yang berakhiran huruf "ch, o,
s, sh, x, z" ditambah akhiran "-es"
No
|
Verb 1 (infinitive)
|
Penambahan akhiran “-es”
|
Arti kata
|
1
|
teach
|
Teaches
|
mengajar
|
2
|
reach
|
Reaches
|
menjangkau
|
3
|
do
|
Does
|
mengerjakan
|
4
|
go
|
Goes
|
pergi
|
5
|
kiss
|
Kisses
|
mencium
|
6
|
discuss
|
Discusses
|
mendiskusikan
|
7
|
pass
|
Passes
|
melewati
|
8
|
wish
|
Wishes
|
mengharapkan
|
9
|
finish
|
Finishes
|
menyelesaikan
|
10
|
fix
|
Fixes
|
memperbaiki
|
3.
Kata kerja (infinitive) yang berakhiran dengan huruf
"-y" dan didahului oleh huruf mati (konsonan), maka akhiran
"-y" diubah menjadi "-i" kemudian ditambah "-es".
No
|
Verb 1 (infinitive)
|
Penambahan akhiran “-es”
|
Arti kata
|
1
|
cry
|
Cries
|
menangis
|
2
|
carry
|
Carries
|
membawa
|
3
|
fly
|
Flies
|
terbang
|
4
|
study
|
Studies
|
belajar
|
5
|
reply
|
Replies
|
menjawab
|
6
|
try
|
Tries
|
berusaha
|
Kata kerja (infinitive) yang berakhiran huruf "-y" yang diawali oleh huruf hidup (vokal), cukup ditambah dengan akhiran "-s' .
No
|
Verb 1 (infinitive)
|
Penambahan akhiran “-s”
|
Arti kata
|
1
|
buy
|
Buys
|
membeli
|
2
|
play
|
Plays
|
bermain
|
3
|
lay
|
Lays
|
berbaring
|
4
|
say
|
Says
|
berkata
|
4.
Apabila kata kerja (infinitive) diawali dengan kata kerja
bantu, maka tidak mendapatkan tambahan "s/es".
No
|
Contoh
Kata
|
Arti
|
1
|
must try
|
harus mencoba
|
2
|
must work
|
harus bekerja
|
3
|
can speak
|
dapat bicara
|
4
|
can write
|
dapat menulis
|
b.
Rumus kalimat verbal
negatif
yang digunakan adalah :
Untuk subyek I, You, We, They :
Untuk subyek I, You, We, They :
Subyek + do + not + infinitive (Verb 1)
|
Untuk
subyek He, She, It :
Subyek + does + not + infinitive (Verb 1)
|
Keterangan
:
Untuk
membentuk kalimat verbal negatif harus ditambahkan
"do/does + not" yang diletakan sebelum kata kerja (infinitive).
Do
digunakan bila subyeknya I, You, We, They
Does
digunakan bila subyeknya He, She, It
Dalam
bentuk kalimat verbal negatif, tambahan "s/es" pada kata kerja dihilangkan.
Contoh
:
·
I do not write a letter everyday.(Saya tidak menulis surat
setiap hari)
·
She does not read a magazine every morning. (Dia tidak
membaca majalah setiap pagi)
·
They do not visit their grandmother every Friday. (Mereka
mengunjungi neneknya setiap hari Jum'at)
c.
Question word verbal
Apabila dalam kalimat verbal tanya
digunakan bersama kata tanya (question word) seperti : What (apa), Where
(dimana), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa), Which (yang mana), How
(bagaimana), maka pola susunan kalimatnya adalah :
1.
Bila kata tanya (question word) yang digunakan tidak
menanyakan subyek, misalnya : Where, What, When, Why, Which, How dapat
digunakan rumus :
Untuk
subyek I, You, We, They :
Question Word (QW) + do + Subyek + Infinitive ?
|
Untuk subyek He, She, It :
Question Word (QW) + does + Subyek + Infinitive ?
|
Contoh :
·
Where do you live? (Dimana kamu tinggal?) = I live in
Jakarta Saya tinggal di Jakarta)
Jawabannya
bukan Yes atau No
·
What does she write?
= She writes a letter.
(Apa yang dia
tulis?) = (Dia menulis sebuah surat.)
2. Bila kata tanya (Question Words)
yang digunakan menanyakan subyek, misalnya Who, maka rumusnya sebagai adalah :
Question Word (QW) + infinitive + s/es?
|
Keterangan :
Pada bentuk pertanyaan ini, kata kerja (infinitive) ditambah dengan "s/es" sesuai dengan aturan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Contoh :
Pada bentuk pertanyaan ini, kata kerja (infinitive) ditambah dengan "s/es" sesuai dengan aturan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Contoh :
·
Who always helps your father? = My brother always help
my father.
( Siapa yang selalu membantu bapakmu?) = (Kakak laki-lakiku selalu membantu bapakku)
( Siapa yang selalu membantu bapakmu?) = (Kakak laki-lakiku selalu membantu bapakku)
·
Who borrows your English book?
(Siapa yang meminjam buku bahasa Inggrismu?)
(Siapa yang meminjam buku bahasa Inggrismu?)
Jawaban : Amira borrows my English book (Amira meminjam
buku bahasa Inggris saya)
2)
Word Order of Question with Do and Does
Rumus
kalimat verbal tanya yang digunakan adalah :
Untuk subyek I, You, We, They :
Untuk subyek I, You, We, They :
Do + Subyek + Infinitive (Verb 1) ?
|
Untuk
subyek He, She, It :
Does + Subyek + Infinitive (Verb 1) ?
|
Keterangan :
Kalimat verbal tanya dibentuk dengan meletakan do/does di awal kalimat jadi penambahan "s/es" pada kata kerja (infinitive) juga dihilangkan (tidak diperlukan).
Contoh :
Kalimat verbal tanya dibentuk dengan meletakan do/does di awal kalimat jadi penambahan "s/es" pada kata kerja (infinitive) juga dihilangkan (tidak diperlukan).
Contoh :
·
Do I write a letter everyday? (Apakah saya menulis surat
setiap hari?)
·
Does She read a magazine every morning?(Apakah dia membaca
majalah setiap pagi?)
·
Do they visit their grandmother every Friday? (Apakah mereka
mengunjungi neneknya setiap hari Jum'at?)
Jawaban yang diperlukan untuk
pertanyaan di atas hanya : Yes atau No
3)
Kalimat Nominal
Mengekspresikan kalimat Simple
Present Tense yang tidak menggunakan kata kerja (Non VERB)
+
|
Subject + To be 1 + Non Verb +
Object
|
-
|
Subject + To be 1 + NOT + Non Verb
+ Object
|
?
|
To be 1 + Subject + Non Verb +
Object?
|
?
|
Question Word + To be 1 + Subject
+ Non Verb + Object?
|
Contoh
:
+
|
I am a teacher.
She is a teacher.
|
-
|
I am not a teacher.
She is not a teacher.
|
?
|
Are you a teacher?
Jawaban: Yes I am, atau No, I am not
Is she a teacher?
Jawaban: Yes She is, atau No, She is not
|
?
|
What are you ?
Jawaban: I am a teacher
Where is your sister ?
Jawaban: She is here
|
a.
Rumus kalimat nominal
positif
yang digunakan adalah :
Subyek + To be + Noun Adjective/Adverb
|
Keterangan
:
Non
verb atau bukan kata kerja (verb), dapat berupa kata benda (noun),
kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb).
To
be (is, am, are) yang disesuaikan dengan subyek kalimat.
·
is untuk subyek He,
She, It
·
are untuk subyek We,
You, They
·
am untuk subyek I
Contoh :
*You are sad (kata sifat) (Kamu sedih)
*We are in the library ( kata keterangan) (Kami ada di perpustakaan)
*She is a teacher. (Dia seorang guru)
Tetapi jika sebelum to be didahului oleh kata kerja bantu (verb), maka bentuk to be (is, am, are) berubah menjadi be untuk semua subyek.
Contoh :
Contoh :
*You are sad (kata sifat) (Kamu sedih)
*We are in the library ( kata keterangan) (Kami ada di perpustakaan)
*She is a teacher. (Dia seorang guru)
Tetapi jika sebelum to be didahului oleh kata kerja bantu (verb), maka bentuk to be (is, am, are) berubah menjadi be untuk semua subyek.
Contoh :
*
I must be there. (Saya harus kesana,)
*He can be ill. (mungkin dia sakit.)
*He can be ill. (mungkin dia sakit.)
b.
Rumus kalimat nominal negatif
yang digunakan adalah :
Subyek + To be + not +Noun Adjective/Adverb
|
Keterangan
:
Kalimat nominal negatif dibentuk dengan menambahkan not di belakang to be.
*You are not sad. (Kamu tidak sedih)
*We are not in the library.(Kami tidak ada di perpustakaan)
*She is not a teacher.(Dia bukan seorang guru)
Kalimat nominal negatif dibentuk dengan menambahkan not di belakang to be.
*You are not sad. (Kamu tidak sedih)
*We are not in the library.(Kami tidak ada di perpustakaan)
*She is not a teacher.(Dia bukan seorang guru)
c. Rumus kalimat nominal tanya yang digunakan adalah :
To be +
Subyek + Noun Adjective/Adverb
|
Keterangan :
Kalimat nominal ini dibentuk dengan to be di awal kalimat.
Contoh :
*Are you sad? (Apakah kamu sedih?)
*Are we in the library? (Apakah kami ada di perpustakaan?)
*Is she a teacher? (Apakah dia seorang guru?)
Untuk menjawab pertanyaan di atas dapat digunakan jawaban : Yes atau No
Contoh :
* Is she a teacher? (Apakah dia seorang guru?)
Jawaban :
Yes, she is. = Ya
No, she is not. = Tidak
Kalimat nominal ini dibentuk dengan to be di awal kalimat.
Contoh :
*Are you sad? (Apakah kamu sedih?)
*Are we in the library? (Apakah kami ada di perpustakaan?)
*Is she a teacher? (Apakah dia seorang guru?)
Untuk menjawab pertanyaan di atas dapat digunakan jawaban : Yes atau No
Contoh :
* Is she a teacher? (Apakah dia seorang guru?)
Jawaban :
Yes, she is. = Ya
No, she is not. = Tidak
Jika dalam kalimat nominal tanya
digunakan kata tanya (question word), maka rumus yang digunakan adalah:
Question
Word (QW) + To be + subyek ?
|
Contoh:
·
Where is your mother?(Dimana ibumu?)
Jawaban :
Jawaban :
·
She is in the kitchen.(Dia ada di dapur.)
Keterangan :
Jika dalam kalimat tanya digunakan subyek you (kamu), maka dalam kalimat jawaban harus digunakan subyek I (saya).
Keterangan :
Jika dalam kalimat tanya digunakan subyek you (kamu), maka dalam kalimat jawaban harus digunakan subyek I (saya).
b.
Present Continuous
Tense
a. Bentuk
Positif/Berita
Subject
+ is/am/are + V-ing + Object + adverb
Contoh:
·
you are watching
football now
·
They are
driving to scholl today
b. Bentuk
Negatif atau Menyangkal
Subject
+ is/am/are + not + V-ing + Object + adverb
Contoh:
·
you are not watching
football now
·
They are not
driving to scholl today
c. Bentuk
Pertanyaan
1)
Pertanyaan
Yes/No
Is/am/are
+ Subject + not + V-ing + Object + Adverb?
Contoh
:
·
Are you watching
football now?
·
Are they not
driving to school today
2)
Pertanyaan
Wh-
Untuk
membentuk pertanyaan wh, tambahkan kata wh (what, where, when,
dll), ubah posisi subjek dan to be, dan tambahkan tanda tanya.
Contoh:
·
What are they watching?
·
When are they
watching football?
·
Why are they not
driving to school today?
Keterangan :
Is
: digunakan untuk subject he, she, it
am
: digunakan untuk subject I
are
: digunakan untuk subject You, They, We
c.
Present perfect tense
a.
Verbal Sentence
+
|
Subject
+ Have/Has + Verb 3 + Object
|
-
|
Subject
+ Have/Has + NOT + Verb 3 + Object
|
?
|
Have/Has
+ Subject + Verb 3 + Object?
|
Contoh
:
(+)
We have cooked fried chicken for two hours
(-)
We have not cooked fried chicken for two hours
(?)
Have we cooked fried chicken for two hours?
b.
Nominal Sentence
+
|
S + Have/Has + Been + Nominal
|
-
|
S + Have/Has + Not + Been +
Nominal
|
?
|
Have/Has + S + Been + Nominal
|
Contoh
:
(+)
Iqbaal has been handsome since five years old
(-)
Iqbaal has not been handsome since five years old
(?)
Has Iqbaal been handsome since five years old?
To be :
Have
|
I, You, They, We
|
Has
|
She, He, It
|
Catatan
:
Kita tidak menggunakan present
perfect dengan kata keterangan yang
mengacu ke waktu masalalu yang selesai :
·
Saya telah melihat film yang kemarin.
·
Kami
baru saja membeli mobil baru minggu lalu.
Tapi kita biasa menggunakannya untuk merujuk kepada waktu
yang belum selesai:
·
Pernahkah Anda melihat Helen hari ini?
·
Kami
telah membeli mobil baru minggu ini.
d.
Present perfect continuous tense
Sekedar
untuk pengetahuan saja bahwa untuk membuat rumus tense ini, kita membutuhkan 3
unsur:
1) Present
yang ciri-cirinya adalah Verb-1;
2) Perfect
yang ciri-cirinya adalah Have + Verb-3 dan
3) Continuous
yang ditunjukkan dengan to be + Verb-ing.
Jadi (Verb-1 + Have) + (Verb-3 + to be) + Verb-ing.
Bentuk pertama (verb-1) dari Have adalah Have/has, bentuk ketiga
dari to be adalah Been + Verb-ing = S + Have + Been + Verb-ing.
Bentuk
|
RUMUS
|
CONTOH
|
|
+
|
Verbal
|
S + have/has + been + V-ing
|
John has been sleeping since
3 hours ago
|
Nominal
|
S + have/has + been + nominal
|
You have been in home for
whole day
|
|
–
|
Verbal
|
S + have/has + not + been +
V-ing
|
I have not been working for a
day
|
Nominal
|
S + have/has + not + been +
nominal
|
I have not been stupid like this
before
|
|
?
|
Verbal
|
Have/has + S + been + V-ing
|
Have you been waiting for me
since two hours ago?
|
Nominal
|
Have/has + S + been + nominal
|
Have I been sick
for three days?
|
Contoh
:
§ We
have been discussing the problem for several hours. (+)
§ She
has not been learning english for 3 years. (-)
§ Has
She been learning english for 3 years?. (?
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Present
tense terbagi menjadi 4 yaitu :
1.
Simple present tense
2.
Present continuous
tense
3.
Present perfect tense
4.
present perfect continuous tense
Simple Present Tense terbagi kedalam :
1.
Simple Present Tense Verb ( kalimat verbal) yaitu suatu
kalimat yang didalamnya terdapat kata kerja (main verb),yang menunjukkan suatu
aktivitas. Bisa berbentuk kalimat positif,negative dan kalimat Tanya.
2.
Simple Present Tense
Non Verb (kalimat nominal) yaitu suatu kalimat yang didalamnya tidak terdapat
kata kerja tapi bias berupa kata benda (noun),kata sifat (adjectiva),dan kata
keterangan (adverb). Bisa berbentuk kalimat positif,negative dan kalimat Tanya.
3.
Questions in the Simple Present Tense with Do and Does
(kalimat tanya) yaitu suatu kalimat tanya yang digunakan pada kalimat tanya
bentuk verbal dan nominal dengan menggunakan do and does.
Present Progressive Tense atau disebut
juga present continuous tense adalah bentuk waktu yang digunakan untuk
menyatakan suatu perbuatan, keadaan atau peristiwa yang sedang terjadi pada
saat dibicarakan.
Rumusnya:
Subject
+ is/am/are + V-ing + Object + adverb.
Contoh:
We are studying English now.
Keterangan waktu dalam present progressive
tense biasanya berupa imperative (kalimat perintah), karena konteks waktu
dalam kalimat perintah adalah saat ini/pada saat berbicara.
Present Perfect Tense
(waktu selesai sekarang) adalah suatu tenses yang digunakan untuk menyatakan
perbuatan, peristiwa, kejadian yang terjadi pada waktu lampau dan masih ada
hubungannya dengan sekarang atau untuk menunjukkan suatu peristiwa yang selesai
pada waktu yang singkat. Adapun Untuk
menyatakan perbuatan yang dilakukan waktu lampau dan masih berlangsung hingga
sekarang.
Adapun rumus positif verbal dari present
perfect continuous tense adalah S + have/has + been + V-ing.
Fungsi dari present perfect continuous
Untuk menunjukkan aktivitas yang sudah
dikerjakan dan masih berlangsung hingga saat ini.
B. Saran
Dengan memahami penjelasan tentang
present tense, diharapkan dapat menggunakannya dalam membuat kalimat dengan
benar dan mempelajari lebih banyak tenses agar bisa berbahasa inggris dan
menulis dengan benar.
0 Response to "Present Tense Terjemahan"
Post a Comment