Mengenali Diri dan Peran Kita sebagai Pendidik - Merdeka Belajar | Modul 1
Mengawali perjalanan kita di modul merdeka belajar ini, kita akan bersama-sama melakukan refleksi mengenali diri untuk lebih memahami peran sebagai pendidik berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Mari kembali ke awal perjalanan kita sebagai pendidik. Dahulu saat memutuskan menjadi guru apa yang ada dalam pikiran kita. Mengapa memutuskan ingin menjadi pendidik? Bagaimana perjalanan dan perjuangan sehingga akhirnya sampai di profesi hebat ini? Dengan menjadi guru yang hadir setiap hari untuk murid-murid, hadir untuk terus menambah kapasitas diri, misalnya melalui media kita telah menyadari kebutuhan untuk terus belajar secara mandiri apapun profesi yang dijalani. Kita memang perlu terus belajar, demikian juga dengan peran kita sebagai pendidik atau guru.
Kita perlu terus belajar agar bisa mengantarkan murid-murid untuk berdaya guna dan menjadi manusia merdeka dengan kesadaran untuk terus belajar secara mandiri. Hal ini adalah bagian dari perjalanan kita menjadi manusia merdeka. Menurut Ki Hajar Dewantara manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung pada orang lain. Jika kita mengharapkan murid-murid kita kelak menjadi pribadi yang mandiri dan merdeka, tentunya penting untuk mereka mengenali diri, berperan untuk menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya yang relevan dan kontekstual terhadap diri dan lingkungannya. Sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara dalam dasar-dasar pendidikan. Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Salah satu langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar. Murid-murid kita kini memiliki cara belajar yang sungguh berbeda dengan kita dahulu. Mereka sangat fasih dengan teknologi, menjadikan internet sebagai salah satu sumber belajar utama, mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dan teknologi dalam genggaman mereka, bisa menjangkau pengetahuan sekalipun tanpa kita beri. Lantas, apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks tersebut? Murid-murid kita memang sudah jauh berbeda dengan kita, namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik.
Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan pendidik itu menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lakunya, hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak, bukan dasarnya. Mari kita refleksikan bersama, apa peran kita sebagai pendidik, untuk dapat menuntun kekuatan kodrat dari murid-murid kita. Bagaimana kita bisa menjaga hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat murid-murid kita dalam belajar. Mari kita bersama untuk terus belajar, demi meraih tujuan pendidikan menjadi manusia merdeka, yang kelak akan menuntun murid-murid kita menjadi manusia merdeka pula. Salam dan bahagia untuk bapak dan ibu guru hebat. Salam inspirasi
0 Response to "Mengenali Diri dan Peran Kita sebagai Pendidik - Merdeka Belajar | Modul 1"
Post a Comment