Laporan Best Practice Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi









LK-9. LAPORAN BEST PRACTICE

PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP)

BERBASIS ZONASI



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF  BERORIENTASI HOTS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS VI SD NEGERI 54 PAREPARE KECAMATAN SOREANG

KOTA PAREPARE









RANDY SETIAWAN, S. Pd

NIP. xxxxxx











DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA PAREPARE

DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN



2019






 

HALAMAN PENGESAHAN





Pengembangan dalam bentuk best practice yang berjudul “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF  BERORIENTASI HOTS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS VI SD NEGERI 54 PAREPARE KECAMATAN SOREANG KOTA PAREPARE



Nama                          : RANDY SETIAWAN, S.Pd

Asal Sekolah              : UPTD SD NEGERI 54 PAREPARE

Telah disetujui dan disahkan pada /oleh

Hari                             : Senin

Tanggal                      : 18 November 2019



                                                                         




Mengetahui
Kepala UPTD SDN 54 Parepare




HJ. Xxxxxxxxxx
NIP. xxxxxxxxx                 


Parepare,  18 November 2019



Guru Kelas VI




RANDY SETIAWAN,  S.Pd.
NIP. xxxxxxxxxx



Mengetahui

Penilai

Pengawas SD







Xxxxxxxxxxxxx

NIP. xxxxxxxxxxx

 







BIODATA PENULIS



1.
Nama Guru
:
RANDY SETIAWAN, S.Pd.
2.
NIP
:

3.
Tempat/ Tanggal Lahir
:

4.
NUPTK
:

5.
Agama
:
Islam
6.
Pendidikan Terakhir
:
S 1 – PGSD
7.
Pangkat/Golongan
:

8.
Nama Instansi
:
UPTD SD Negeri 54 Parepare
9.
Alamat Instansi
:


  • Alamat Sekolah :
  • Desa/Kecamatan
  • Kabupaten, Provinsi
  • Provinsi
  • Telpon/Fax
:
:
:
:
:
Jl. Andi Makkulau
Bukit Indah
Kota Parepare
Sulawesi Selatan
-
10.
Mengajar Guru Kelas/Mapel
:
Guru Kelas
11.
Alamat Rumah
  • Jalan
  • Kelurahan/Kecamatan
  • Kabupaten, Provinsi
  • Telpon/Fax
  • Email

:
:
:
:



Bumi Harapan
Kota Parepare
HP. xxxxxxxxxx














KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWTatas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Best Practise ini. Laporan Best Practice dengan Judul “Penerapan Model Pembelajaran Tematik Integratif  Berorientasi HOTS Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VI SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare” ini merupakan salah satu bentuk pengembangan kompetensi profesionalisme guru. 

Penulis menyadari bahwa penulisan karya ini dapat terselesaikan karena bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1.        Ibu Hj. Isakka, S. Pd.,MM. Pd .,selaku Kepala UPTD SD Negeri 54 Parepare yang telah memberikan bimbingan dan arahan.

2.        Seluruh siswa kelas VI di UPTD SD Negeri 54 Parepare tahun pelajaran 2019/2020 yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

3.        Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah membantu dalam penulisan karya ilmiah ini.

Semoga seluruh kebaikan budi dan amal kebaikan dari semua pihak di atas mendapat imbalan yang berlipat dari Allah SWT. 

Penulis sudah berusaha maksimal agar laporan ini sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah, akan tetapi penulis sadar dan siap menerima saran dan kritik. Oleh karena itu penulis sangat terbuka menerima kritik dan saran demi perbaikan di masa mendatang. Semoga Laporan Best Practice ini memberikan manfaat bagi ilmu dan pengetahuan, aamiin.

                                                Penulis



                                                                        Randy Setiawan, S. Pd


DAFTAR ISI





LEMBAR JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .            1

HALAMAN PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .         2

BIODATA PENULIS  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          3

KATA PENGANTAR  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .         4

DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .              5

BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       6

A.      Latar Belakang Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .         6

B.      Jenis Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .      7

C.       Manfaat Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .        7

BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       8

A.      Tujuan dan Sasaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .      8

B.      Bahan/Materi Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .      8

C.       Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . .    8

D.      Alat/Instrumen. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    13

E.      Waktu dan Tempat Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     13

BAB III HASIL KEGIATAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     14

A.        Hasil Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    14

B.        Masalah yang dihadapi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   14

C.         Cara Mengatasi Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    15

BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . .    16

A.      Simpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   16

B.      Rekomendasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   16

DAFTAR PUSTAKA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    17

DAFTAR LAMPIRAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .       18




BAB I

PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang Masalah

Pembelajaran tematik terpadu di SD sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013  merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa muatan pelajaran dalam satu pembelajaran. Beberapa muatan, misalnya Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS disatukan dalam tema yang sama kemudian disajikan dalam satu pembelajaran utuh yang saling berkaitan.

Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa buku tersebut sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ternyata, dalam praktiknya, penulis mengalami beberapa kesulitan seperti materi dan tugas tidak sesuai dengan latar belakang siswa. Selain itu, penulis masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif yang lebih mementingkan hafalan materi. Dengan demikian proses berpikir siswa masih dalam level C1 (mengingat), memahami (C2), dan C3 (aplikasi). Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS).  Penulis juga jarang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan anak-anak tampak tidak ceria.

Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh informasi bahwa (a) siswa malas mengikuti pembelajaran yang banyak dilakukan guru dengan cara ceramah’ (b) selain ceramah, metode yang selalu dilakukan guru adalah penugasan. Sebagian siswa mengaku jenuh dengan tugas-tugas yang hanya bersifat teoritis. Tinggal menyalin dari buku teks.

Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).  Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Discovery Learning. Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mengedepankan strategi pembelajaran dengan menggunakan masalah dari dunia nyata sebagai konteks siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi yang dipelajarinya. Dalam Discovery Learning, siswa dituntut untuk mampu memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual). Dengan kata lain, Discovery Learning membelajarkan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta mencari dan menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah yang dihadapi. 

Setelah melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery learning, penulis menemukan bahwa proses dan hasil belajar siswa meningkat. Lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Ketika model Discovery Learning ini diterapkan pada kelas VI yang lain ternyata proses dan hasil belajar siswa  sama baiknya. Praktik pembelajaran Discovery Learning yang berhasil baik ini penulis simpulkan sebagai sebuah best practice (praktik baik) pembelajaran berorientasi HOTS dengan model Discovery Learning.



B.   Jenis Kegiatan

Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan praktik baik ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Tematik Integratif  Berorientasi HOTS dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VI SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare.



C.  Manfaat Kegiatan

Manfaat penulisan pratik baik  ini adalah Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VI dalam Penerapan Model Pembelajaran Tematik Integratif  Berorientasi HOTS di UPTD SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare.







BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN





A.  Tujuan dan Sasaran

Tujuan penulisan praktik baik ini adalah untuk mendeskripsikan praktik baik penulis dalam menerapkan pembelajaran berorientasi higher order thinking skills (HOTS).

Sasaran pelaksanaan best practice ini adalah siswa kelas VI semester 2 di SD Negeri 54 Parepare sebanyak 13 orang.



B.   Bahan/Materi Kegiatan

Bahan yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran ini adalah materi  kelas VI untuk tema Menjelajah Angkasa Luar yang merupakan pembelajaran tematik gabungan KD Bahasa Indonesia dan IPA berikut ini.



Bahasa Indonesia
KD 3.9
 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.
KD 4.9
Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visua.l
IPA
KD 3.7
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
KD 4.7
Membuat model system tata surya.





C.  Cara Melaksanakan Kegiatan

Cara yang digunakan dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah menerapkan pembelajaran tematik terpadu dengan model pembelajaran Discovery learning

Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan praktik baik yang telah dilakukan penulis.





1.          Pemetaan KD

Pemetaan KD dilakukan untuk menentukan pasangan KD yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil telaah KD yang ada di kelas VI, penulis memilih tema Menjelajah angkasa luar untuk membelajarkan pasangan KD 3.9 - 4.9 muatan Bahasa Indonesia; dan KD 3.7 – 4.7 muatan IPA di kelas VI semester 2.

2.         Analisis Target Kompetensi

Hasil analisis target kompetensinya sebagai berikut.



KD Pengetahuan

·         Menjelaskan sistem tata surya

·         Menjelaskan karakteristik anggota tata surya



KD Keterampilan

  • Membuat model sistem tata surya



3.         Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPK IPA
3.9.1
 Memahami sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
3.9.2
Mengetahui cara kerja anggota sistem tata surya. 
4.9.1
Menciptakan model sistem tata  surya.
4.9.2
Menyajikan laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya berdasarkan bermain peran.
BAHASA INDONESIA
3.9.1
Menganalisis tindakan tokoh utama dalam teks fiksi.
3.9.2
 Mengidentifikasi tokoh utama dalam teks fiksi.
4.9.1
Menjelaskan tokoh utama dalam karangan fiksi secara lisan, tulisan.
4.9.2
Menyajikan tindakan tokoh utama dalam karangan fiksi dalam bentuk gambar sederhana.



4.         Pemilihan Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang dipilih adalah Discovery Learning.

5.         Merencanakan kegiatan Pembelajaran sesuai dengan Model Pembelajaran

   Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan merinci kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintak Discovery Learning.

Berikut ini adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model Discovery Learning.

Sintak Model Pembelajaran
Guru
Siswa
Pemberian  Rangsangan    
( stimulation )
1)    Guru memberikan pertanyaan arahan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa melalui gambar-gambar yang tersedia
-         Tahukah kalian benda langit apa lagi yang ada selain matahari dan bintang ?
-         Adakah planet  lain yang kalian ketahui selain Bumi ?
-         Bagaimanakah planet – planet itu bekerja sehingga tidak bertabrakan antara satu dengan yang lain ?

1)    Siswa memerhatikan dengan saksama gambar-gambar yang tersedia di dalam buku tentang tata surya dan angkasa luar.
2)  siswa menuliskan pertanyaan sesuai rasa ingin tahu mereka lalu mendiskusikannya dengan teman sebangkunya

Pernyataan/ Identifikasi Masalah   
( problem statement )
Guru mengajukan pertanyaan:
- Apakah kamu tahu hal apa yang paling perlu diketahui dari sistem tata surya?


Data Collection (Pengumpulan data)
1)     Siswa akan bergantian membaca bacaan yang berjudul “Sistem Tata Surya”.
2)    Guru meminta siswa untuk mengaris bawahi informasi penting yang berhubungan dengan bacaan di Buku Siswa.
3)    Guru dapat memutarkan satu video mengenai gerhana matahari.
4)    Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang. Siswa akan melakukan percobaan “Sistem Tata Surya”.
5)    Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
6)    Siswa diminta untuk mengikuti instruksi secara runtut.
1)     Siswa mengamati  
    video tentang 
    gerhana matahari 
    dan mencatat   
    informasi penting
    yang bisa mereka
    dapatkan dari video  
    tersebut.
2) siswa membuat 3
    kartu informasi
    berdasarkan hal-hal
    yang telah 
    ditentukan 
    sebelumnya.
3) Siswa akan
    mendiskusikan hal-
    hal sebagai berikut:
-         Apa saja benda langit/ planet yang kamu ketahui?
-         Bagaimana ciri planet-planet ada di tata surya?
-         Bagaimana urutan penyusun tata surya?


 Data Processing ( Pengolahan Data )
1)     Guru meminta siswa membuat kelompok yang terdiri atas 9 orang dan meminta setiap kelompok untuk bermain peran serta mengikuti petunjuk.

1)   Siswa dalam kelompok melengkapi urutan planet dalam tata surya, lalu setiap orang akan berbagi peran untuk memeragakan cara kerja sistem tata surya. Siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan cara dalam memeragakannya.
2)  Secara bergantian setiap kelompok akan memeragakan sistem tata surya di depan kelas.
Verification (Pembuktian)
1)   Guru dan siswa berdiskusi tentang:
-       Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
-       Apa saja planet yang terdapat pada sistem tata surya
-       Bagaimana ciri dan susunan urutan dalam sistem tata surya?
2)  Guru memberikan soal evaluasi
1)   Siswa akan bergiliran memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.
Kesimpulan
( Generalization )

Peserta didik menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari




6.    Penyusunan Perangkat Pembelajaran

Berdasarkan hasil kerja 1 hingga 5 di atas kemudian disusun perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan ajar, LKS, dan instrumen penilaian. RPP disusun dengan mengintegrasikan kegiatan literasi, penguatan pendidikan karakter (PPK), dan kecakapan abad 21.





D.  Media dan Instrumen

Media pembelajaran yang digunakan dalam praktik terbaik ini adalah  (a) Teks bacaan tentang Sistem Tata Surya, (b) Video Sistem Tata Surya dan (c) lembar kerja siswa (LKS) tematik. Sedangkan, Instrumen yang digunakan dalam praktik baik ini ada 2 macam yaitu (a) instrumen untuk mengamati proses pembelajaran berupa lembar observasi dan (b) instrumen untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan (a) tes tulis pilihan ganda dan uraian singkat.



E.   Waktu dan Tempat Kegiatan

Praktik baik ini dilaksanakan pada tanggal 04 sampai 15 Bulan November tahun 2019 bertempat di kelas VI SD Negeri 54 Parepare.




BAB III

HASIL KEGIATAN



A.      Hasil

Hasil yang dapat diilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut.

1.          Proses pembelajaran tematik yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berlangsung aktif. Siswa menjadi lebih aktif merespon pertanyaan dari guru, termasuk mengajukan pertanyaan pada guru maupun temannya. Aktifitas pembelajaran yang dirancang sesuai sintak Discovery Learning megharuskan siswa aktif selama proses pembelajaran. 

2.         Pembelajaran tematik yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer knowledge.

Setelah membaca, mengamati, dan melakukan percobaan, siswa tidak hanya memahami cara kerja planet dalam sistem tata surya (pengetahuan konseptual) dan langkah - langkah membuat laporan hasil pengamatan yang benar (pengetahuan prosedural), tetapi juga memahami tentang material yang menyusun tata surya kita. Pemahaman ini menjadi dasar siswa dalam mempelajari materi IPA tentang sistem tata surya. Pemahaman tentang material yang membentuk tata surya membantu siswa dalam menganalisis urutan dan cara kerja planet dalam sistem tata surya.

Pemahaman siswa tentang material penyusun tata surya pada dasarnya dapat menjadi pengantar bagi siswa untuk memahami cara kerja setiap planet dalam sistem tata surya.

3.         Penerapan model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.

Hal ini dapat dilihat dari tingkat partisipasi siswa untuk bertanya dan menanggapi topik yang dibahas dalam pembelajaran.

Dalam pembelajaran sebelumnya yang dilakukan penulis tanpa berorientasi HOTS suasana kelas cenderung sepi dan serius. Siswa cenderung bekerja sendiri-sendiri untuk berlomba menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Fokus guru adalah bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal yang disajikan; kurang peduli pada proses berpikir siswa. Tak hanya itu, materi pembelajaran yang selama ini selalu disajikan dengan pola deduktif (diawali dengan ceramah teori tentang materi yang dipelajari, pemberian tugas, dan pembahasan), membuat siswa cenderung menghapalkan teori. Pengetahuan yang diperoleh siswa adalah apa yang diajarkan oleh guru.

Berbeda kondisinya dengan praktik baik pembelajaran tematik berorientasi HOTS dengan menerapkan Discovery Learning. Dalam pembelajaran ini pemahaman siswa tentang sistem tata surya, cara kerja planet, dan cara mahluk hidup menyesuaikan diri benar-benar dibangun oleh siswa melalui pengamatan dan diskusi yang meuntut kemampuan siswa untuk berpikir kritis.

4.         Penerapan model pembelajaran Discovery Learning juga meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah (problem solving). Discovery Learning yang diterapkan dengan menyajikan teks tulis dan video berisi permasalahan kontekstual mampu mendorong siswa merumuskan pemecahan masalah.

Sebelum menerapkan model Discovery Learning, penulis melaksanakan pembelajaran sesuai dengan buku guru dan buku siswa. Meskipun permasalahan yang disajikan dalam buku teks kadang kala kurang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, tetap saja penulis gunakan. Jenis teks yang digunakan juga hanya pada teks tulis dari buku teks.

Dengan menerapkan model Discovery Learning, siswa tak hanya belajar dari teks tulis, tetapi juga dari video serta diberi kesempatan terbuka untuk mencari data, materi dari sumber lainnya.



B.      Masalah yang Dihadapi

Masalah yang dihadapi terutama adalah siswa belum terbiasa siswa belajar dengan model Discovery Learning. Dengan tujuan untuk mendapat nilai ulangan yang baik guru selalu mengguakan metode ceramah, siswa pun merasa lebih percaya diri menghadapi ulangan (penilaian) setelah mendapat penjelasan guru melalui ceramah.

Masalah lainnya adalah guru tidak mempunyai kompetensi yang memadai untuk membuat video pembelajaran. Padahal selain sebagai media pembelajaran, Video juga merupakan bentuk teks audiovisual yang juga harus disajikan sesuai dengan rumusan KD.



C.      Cara Mengatasi Masalah

Agar siswa yakin bahwa pembelajaran tematik dengan model Discovery Learning dapat membantu mereka lebih menguasai materi pembelajaran, guru memberi penjelasan sekilas tentang apa, bagaimana, mengapa, dan manfaat belajar berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Pemahaman dan kesadaran akan pentingnya HOTS ajkan membuat siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu, kesadaran bahwa belajar bukan sekadar menghafal teori dan konsep akan membuat siswa mau belajar dengan HOTS.

Kekurangmampuan guru membuat video pembelajaran dapat diatasi dengan mengunduh video sesuai dengan KD yang akan dibelajarkan baik dari youtube maupun dari Rumah Belajar. Dengan demikian, selain menerapkan kegiatan literasi baca = tulis, siswa juga dapat meningkatkan literasi digitalnya.


Bab IV

Simpulan dan Rekomendasi

A.  Simpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

1.     Pembelajaran tematik dengan model pembelajaran PBL layak dijadikan praktik baik pembeljaran berorientasi HOTS  karena dapat meingkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. 

2.    Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery Learning yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.



B.   Rekomendasi

Berdasarkan hasil praktik baik pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery Learning, berikut disampaikan rekomendasi yang relevan.

1.     Guru seharusnya tidak hanya mengajar dengan mengacu pada buku siswa dan buku guru serta jaring-jaring tema yang telah disediakan, tetapi berani melakukan inovasi pembelajaran tematik yang kontekstual sesuai dengan latar belakang siswa dan situasi dan kondisi sekolahnya. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih bermakna.

2.    Siswa diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada hafalan teori. Kemampuan belajar dengan cara ini akan membantu siswa menguasai materi secara lebih mendalam dan lebih tahan lama (tidak mudah lupa).

3.    Sekolah, terutama kepala sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan pembelajaran berorientasi HOTS. Dukungan positif sekolah, seperti penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan kesempatan bagi penulis utuk mendesiminasikan praktik baik ini aka menambah wawasan guru lain tentang pembelajaran HOTS.








LAMPIRAN





Lampiran 1      : Foto-foto kegiatan

Lampiran 2     : RPP

Lampiran 3     : Bahan Ajar

Lampiran 4     : LKS

Lampiran 5     : Kisi-kisi soal pilihan ganda dan uraian

Lampiran 6     : Soal, kunci, dan pedoman penyekoran

Lampiran 7     : Lembar observasi proses pembelajaran

Lampiran 8     : Kuesioner motivasi belajar siswa




  Lampiran 1: Foto – foto Kegiatan









  LAMPIRAN 2  RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan   :  UPTD SD Negeri 54 Parepare

Tema/Sub Tema/PB :  9. Menjelajah Angkasa Luar/9.1      

                                          Keteraturan yang menakjubkan/ PB I

Kelas /Semester       :  VI/2 (dua )

Materi Pokok                  :  Sistem Tata Surya dan Teks Fiksi

Alokasi Waktu        :  3 x 35 menit





A.  KOMPETENSI INTI (KI)

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.

3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Ilmu Pengetahuan Alam

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
3.7.1 Mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
4.7 Membuat model sistem tata surya.
4.7.1 Menjelaskan sistem tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri.
4.7.2 Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.



Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.
3.9.1 Membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.
4.9 Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
4.9.1 Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.



C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan mencermati bacaan, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.

2.  Dengan melakukan pengamatan pada video pembelajaran, siswa dapat menjelaskan sistem tata surya dengan percaya diri

3.  Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menjelaskan cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.

4.  Dengan melakukan percobaan, siswa dapat melaporkan hasil percobaan mengenai cara kerja anggota sistem tata surya dengan percaya diri.



C.  MATERI PEMBELAJARAN

-   Sistem Tata Surya



D.  METODE PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran         : Discovery Learning

Pendekatan Pembelajaran :            Saintifik.

Metode Pembelajaran       : Tanya jawab, pengamatan, demonstrasi, diskusi, dan penugasan.



E.   MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN

1.  Media             : -   Teks bacaan tentang Sistem Tata Surya

                       -   Video Sistem Tata Surya

     2.  Alat                : -   Projector

                                   -    Apron Tata Surya

                                   -    KIT IPA



F.   SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar  : Buku Guru dan Buku Siswa Kelas VI, Tema 9: Menjelajah Angkasa

                            Luar. BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta:

                            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap Pembelajaran/ Sintaks
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.  Kegiatan Pendahuluan
5 Menit
Pendahuluan (Persiapan/ Orientasi)
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

Apersepsi
¡   Guru bertanya jawab dengan siswa tentang benda langit
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Sistem Tata Surya”.
Motivasi
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication



B.   Kegiatan Inti
25  Menit
Stimulation (Pemberian Rangsang)
Mengamati

7)    Guru akan bertanya:
-         Apakah kamu tahu apa saja benda langit?
-         Apakah kamu tahu apa saja planet yang ada di tata surya?
-         Apakah kamu tahu urutan penyusun tata surya?
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
Menanya
8)     Guru bertanya:
-               Apakah kamu tahu hal apa yang paling perlu diketahui dari sistem tata surya?

Data Collection (Pengumpulan data)
   Mengumpulkan informasi
9)    Siswa akan bergantian membaca bacaan yang berjudul “Sistem Tata Surya”.
10)  Guru meminta siswa untuk mengaris bawahi informasi penting yang berhubungan dengan bacaan di Buku Siswa.
11)   Guru dapat memutarkan satu video mengenai gerhana matahari.
12)  Guru meminta siswa untuk mengamati video tersebut dan mencatat informasi penting yang bisa mereka dapatkan dari video tersebut.
13)  Guru meminta siswa untuk membuat 3 kartu informasi berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan sebelumnya.
14)  Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang. Siswa akan melakukan percobaan “Sistem Tata Surya”.
15)  Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
16)  Siswa diminta untuk mengikuti instruksi secara runtut.
17)  Siswa akan mendiskusikan hal-hal sebagai berikut:
-         Apa saja benda langit/ planet yang kamu ketahui?
-         Bagaimana ciri planet-planet ada di tata surya?
-         Bagaimana urutan penyusun tata surya?

Data Processing (Pengolahan Data)
Menalar
·         Guru meminta siswa membuat kelompok yang terdiri atas 9 orang dan meminta setiap kelompok untuk bermain peran serta mengikuti petunjuk.
·         Siswa dalam kelompok melengkapi urutan planet dalam tata surya, lalu setiap orang akan berbagi peran untuk memperagakan cara kerja sistem tata surya. Siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan cara dalam memeragakannya. Secara bergantian setiap kelompok akan memperagakan sistem tata surya di depan kelas.
Verification (Pembuktian)
Mengomunikasikan
18)  Guru dan siswa berdiskusi tentang:
-         Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
-         Apa saja planet yang terdapat pada sistem tata surya
-         Bagaiman ciri dan susunan urutan dalam sistem tata surya?
19)  Siswa akan bergiliran memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.
20) Guru membagikan soal evaluasi.

Generalization (Kesimpulan)
-  Peserta didik menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari

Kegiatan Penutup

5 Menit
§  Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan perbedaan cuaca pada satu tempat dengan tempat yang lain dengan segala manfaatnya. Kita diminta tetap mensyukuri semua peristiwa dengan melakukan berbagai aktivitas sesuai waktunya. Lalu, meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.(Mandiri)
§  Guru membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari ini.(Kreativitas)
§  Guru menyampaikan rencana kegiatan berikutnya.
§  Guru melakukan penilaian terhadap aktivitas pembelajaran hari ini.
§  Kelas ditutup dengan doa bersama. Guru kembali mengingatkan sikap berdoa yang baik.Religius










H.  PENILAIAN

1.  Teknik Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Pendampingan
1
Keaktifan dalam kegiatan bermain peran dan diskusi
Selalu semangat dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat

Kadang aktif dalam bermain peran  dan mengemukakan pendapat
Kurang aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
Tidak aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat





b. Pengetahuan dan Keterampilan

Bentuk Penilaian: Penugasan

  1. Bermain Peran

KD IPA 3.7 dan 4.7

Bentuk Penilaian : Non Tes

Instrumen Penilaian : Rubrik

Rubrik Bermain Peran Cara Kerja Sistem Tata Surya




 


  1. Membuat Laporan Pengamatan

KD IPA 3.7 dan 4.7

Bentuk Penilaian :Non Tes

Instrumen Penilaian :Rubrik

Rubrik Membuat Laporan Pengamatan Cara Kerja SIstem Tata Surya melalui

Bermain Peran




 
  1. Menjelaskan Tokoh Utama dalam Teks Fiksi

KD Bahasa Indonesia 3.9 dan 4.9

Bentuk Penilaian : Non Tes

Instrumen Penilaian : Rubrik













I.       PEMBELAJARAN REMEDIAL

Peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM akan dibimbing secara khusus dengan bantuan teman sebaya dalam menjelaskan proses gerhana. Adapun alternatif proses pembelajaran yang dilakukan adalah Pembelajaran Ulang. Adapun langkah-langkahnya adalah:

-        Guru meminta beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM untuk tinggal sejenak di dalam kelas untuk mendapatkan bimbingan

-        Guru didampingi oleh beberapa anak yang akan menyampaikan menggunakan bahasanya sendiri tentang apa yang telah disampaikan oleh guru.

-        Diharapkan setelah melalui proses ini peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM sudah mampu mendapatkan nilai di atas KKM.



J.      PEMBELAJARAN PENGAYAAN

Peserta didik yang nilainya sudah di atas KKM dan masih ingin mendapatkan pelajaran tambahan maka akan dibimbing secara khusus oleh guru untuk mempelajari lebih lanjut tentang gerhana dan dampaknya bagi kehidupan, adapun alternatif proses pembelajaran yang dilakukan adalah Pembelajaran Ulang. Adapun langkah-langkahnya adalah:

-          Guru meminta beberapa siswa yang nilainya di atas KKM untuk tinggal sejenak di dalam kelas untuk mendapatkan bimbingan tentang dampak gerhana bulan dan matahari.

-          Diharapkan setelah melalui proses ini peserta didik yang nilainya sudah di atas KKM mampu lebih memahami lagi materi.



K.    BAHAN AJAR

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam.



                                                                 




Mengetahui
Kepala UPTD SDN 54 Parepare




HJ. ISAKKA, S. Pd., MM. Pd
NIP. 19631231 198206 2 126                 

Parepare,  18 November 2019



Guru Kelas VI




RANDY SETIAWAN,  S.Pd.
NIP. 19910802 201402 1 002





LAMPIRAN 3 BAHAN AJAR



Benda Langit di Sekitar Kita



Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam,





















































LAMPIRAN 4 LKS

1. Laporan Pengamatan



FORMAT LAPORAN PENGAMATAN



Judul Kegiatan:

.............................................................................................................................

Tujuan Pengamatan:

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

Metode:

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

Hasil Pengamatan:

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

Kesimpulan:

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................

.............................................................................................................................



2. Tugas Individu



jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?

................................................................................................................

.................................................................................................................

b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?

................................................................................................................

.................................................................................................................

c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem

tata surya?

................................................................................................................

.................................................................................................................

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem

tata surya?

................................................................................................................

.................................................................................................................

e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?

................................................................................................................

.................................................................................................................

f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama?Mengapa?

................................................................................................................

.................................................................................................................

.................................................................................................................



LAMPIRAN 5 Kisi – Kisi Soal

Kisi-Kisi Penulisan Soal

No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
No.
Soal
1
2
3
4

5
6
7
1.


Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
Mengidentifikasi penyusun system tata surya
Cara kerja system tata surya
Disajikan ilustrasi siswa dapat menganalisis nama planet berdasarkan ciri-cirinya.

C4
PG
1
2
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya
Menunjukkan  system tata surya
Galaksi dan system tata surya
Disajikan gambar system tata surya, siswa dapat menyimpulkan  planet yang mengalami revolusi paling cepat terhadap matahari.

C4
Uraian
1











LAMPIRAN 6 Soal, Kunci Jawaban, dan Penskoran

LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA


KARTU SOAL
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran    : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)        
Kelas/Semester     : VI/2                                              
Kompetensi Dasar
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya
Materi
Cara kerja system tata surya
Indikator Soal
Disajikan ilustrasi siswa dapat menganalisis nama planet berdasarkan ciri-cirinya
Level Kognitif
C4
Soal :
Sesaat matahari terbenam atau menjelang matahari terbit , di langit kadangkala terlihat planet yang tampak seperti bulan,  Sehingga disebut Bintang Fajar atau Bintang Senja. Planet tersebut adalah….
a. venus
b. Merkurius
c. Mars
d. Jupiter
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1.
A
1





LK-4c KARTU SOAL URAIAN


KARTU SOAL
(URAIAN)
Mata Pelajaran    : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)        
Kelas/Semester     : IV/2                                              
Kompetensi Dasar
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya
Materi
Galaksi dan system tata surya
Indikator Soal
Disajikan gambar system tata surya, siswa dapat menyimpulkan  planet yang mengalami revolusi paling cepat terhadap matahari
Level Kognitif
3 ( Menganalisis-C4)
Soal
Perhatikan gambar susunan planet yang mengitari matahari berikut ini !




ciri planet danpengertiannya
Terdapat delapan planet yang berevolusi pada matahari. Mulai dari planet terkecil sampai yang terbesar mengitari matahari pada orbit masing-masing. Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap matahari yang paling cepat? Jelaskan alasannya!





Kunci  Pedoman Penskoran

NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
1.
Jika kosong atau jawaban salah
0
2.
Merkurius, karena Merkurius perputarannya sangat cepat
1
3.
Merkurius, karena merupakan planet urutan pertama dari system tata surya
2
5.
Merkurius, karena Merkurius terletak paling dekat dengan matahari
3
6.
Merkurius, karena merkurius terletak paling dekat dengan matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi matahari menjadi paling cepat
4





































LAMPIRAN 7 Lembar Observasi

  • Penilaian sikap

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Keaktifan
Kerjasama
Tanggung jawab
1.
Firdaus



2.
M. Alif Rahmatullah



3.
Andi Palalloi



4.
Adinda Chezia



5.
Chelsea



6.
Dst …








Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Pendampingan
1
Keaktifan dalam kegiatan bermain peran dan diskusi
Selalu semangat dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat

Kadang aktif dalam bermain peran  dan mengemukakan pendapat
Kurang aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
Tidak aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat

























R-9 Rubrik  Laporan Best Practise

Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.

A.  Langkah-langkah penilaian hasil kajian:

1.     Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-9!

2.    Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

B.   Kegiatan Praktik

1.     Memuat Lembar Judul

2.    Memuat Halaman Pengesahan yang ditanda tangani Kepala Sekolah

3.    Memuat Biodata Penulis dengan lengkap

4.    Memuat Kata Pengantar, Daftar Isi dan Daftar Lampiran

5.    Menguraikan Latar Belakang Masalah dari kesenjangan harapan dengan kenyataan yang ada dengan jelas

6.    Menguraikan jenis dan manfaat kegiatan dengan jelas

7.    Memuat tujuan dan sasaran, Bahan/Materi Kegiatan, Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan, Alat/Instrumen, Waktu dan Tenpat Kegiatan dengan jelas

8.    Menguraikan hasil kegiatan dengan penjelasan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut dengan jelas

9.    Memuat simpulan dan rekomendasi yang relevan

10.  Memuat daftar pustaka sesuai materi yang dituangkan

11.   Memuat lampiran yang dilengkapi dokumentasi, instrumen dan hasil pembelajaran

Rubrik Penilaian:

Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Sebelas aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Sembilan  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Tujuh sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Lima sesuai dengan kriteria, enam aspek kurang sesuai
<60
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tujuh aspek kurang sesuai


0 Response to "Laporan Best Practice Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel