Laporan Best Practice Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
LK-9. LAPORAN
BEST PRACTICE
PROGRAM
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP)
BERBASIS
ZONASI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
INTEGRATIF BERORIENTASI HOTS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI
SISWA KELAS VI SD NEGERI 54 PAREPARE
KECAMATAN SOREANG
KOTA PAREPARE
RANDY
SETIAWAN, S. Pd
NIP. xxxxxx
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN KOTA PAREPARE
DIREKTORAT JENDERAL
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2019
HALAMAN PENGESAHAN
Pengembangan dalam bentuk best practice yang
berjudul “PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN TEMATIK
INTEGRATIF BERORIENTASI HOTS DALAM
MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS VI SD NEGERI 54 PAREPARE KECAMATAN SOREANG
KOTA PAREPARE”
Nama :
RANDY SETIAWAN, S.Pd
Asal Sekolah :
UPTD SD NEGERI 54
PAREPARE
Telah disetujui dan disahkan pada /oleh
Hari :
Senin
Tanggal :
18 November 2019
Mengetahui
Kepala UPTD SDN 54 Parepare
HJ. Xxxxxxxxxx
NIP. xxxxxxxxx
|
Parepare, 18 November
2019
Guru Kelas VI
RANDY
SETIAWAN, S.Pd.
NIP. xxxxxxxxxx
|
Mengetahui
Penilai
Pengawas
SD
Xxxxxxxxxxxxx
NIP. xxxxxxxxxxx
BIODATA
PENULIS
1.
|
Nama Guru
|
:
|
RANDY
SETIAWAN, S.Pd.
|
|
2.
|
NIP
|
:
|
||
3.
|
Tempat/ Tanggal Lahir
|
:
|
||
4.
|
NUPTK
|
:
|
||
5.
|
Agama
|
:
|
Islam
|
|
6.
|
Pendidikan Terakhir
|
:
|
S 1 – PGSD
|
|
7.
|
Pangkat/Golongan
|
:
|
||
8.
|
Nama Instansi
|
:
|
UPTD SD Negeri 54 Parepare
|
|
9.
|
Alamat Instansi
|
:
|
||
|
:
:
:
:
:
|
Jl. Andi Makkulau
Bukit Indah
Kota Parepare
Sulawesi Selatan
-
|
||
10.
|
Mengajar Guru Kelas/Mapel
|
:
|
Guru Kelas
|
|
11.
|
Alamat Rumah
|
:
:
:
:
| Bumi Harapan
Kota Parepare
HP. xxxxxxxxxx
|
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWTatas
rahmat dan hidayah-Nya
sehingga penulis dapat
menyelesaikan Laporan Best Practise ini. Laporan Best Practice dengan Judul “Penerapan Model Pembelajaran Tematik
Integratif Berorientasi HOTS Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa
Kelas VI SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare”
ini merupakan salah satu bentuk pengembangan
kompetensi profesionalisme guru.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ini dapat terselesaikan karena bantuan dari berbagai
pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Ibu Hj. Isakka, S. Pd.,MM. Pd .,selaku Kepala UPTD SD Negeri 54 Parepare yang telah memberikan bimbingan dan arahan.
2.
Seluruh siswa
kelas VI di UPTD
SD Negeri 54 Parepare tahun pelajaran 2019/2020 yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan
ini.
3.
Semua pihak
yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah membantu dalam penulisan
karya ilmiah ini.
Semoga seluruh
kebaikan budi dan amal kebaikan dari semua pihak di atas mendapat imbalan yang
berlipat dari Allah SWT.
Penulis
sudah berusaha maksimal agar laporan ini sesuai dengan kaidah penulisan
karya ilmiah, akan tetapi penulis sadar dan siap menerima saran dan kritik. Oleh karena itu penulis sangat terbuka menerima
kritik dan saran demi perbaikan di masa mendatang. Semoga Laporan
Best Practice ini memberikan manfaat
bagi ilmu dan pengetahuan, aamiin.
Penulis
Randy
Setiawan, S. Pd
DAFTAR
ISI
LEMBAR
JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
HALAMAN
PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
BIODATA
PENULIS . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 3
KATA
PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . 4
DAFTAR ISI
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . 6
A.
Latar Belakang Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6
B.
Jenis Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
C. Manfaat
Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . 8
A.
Tujuan dan Sasaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
B.
Bahan/Materi Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
C.
Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
D.
Alat/Instrumen. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 13
E. Waktu
dan Tempat Kegiatan . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 13
BAB III HASIL KEGIATAN . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . 14
A.
Hasil Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . 14
B.
Masalah yang dihadapi . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . 14
C.
Cara Mengatasi Masalah . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . 15
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16
A.
Simpulan . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16
B. Rekomendasi
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16
DAFTAR PUSTAKA . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 17
DAFTAR
LAMPIRAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 18
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran
tematik terpadu di SD sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 merupakan pendekatan pembelajaran yang
mengintegrasikan beberapa muatan pelajaran dalam satu pembelajaran. Beberapa
muatan, misalnya Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS disatukan dalam tema yang sama
kemudian disajikan dalam satu pembelajaran utuh yang saling berkaitan.
Dalam
praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini, penulis
menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa buku tersebut
sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Ternyata, dalam praktiknya, penulis mengalami
beberapa kesulitan seperti materi dan tugas tidak sesuai dengan latar belakang
siswa. Selain itu, penulis masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif
yang lebih mementingkan hafalan materi. Dengan demikian proses berpikir siswa
masih dalam level C1 (mengingat), memahami (C2), dan C3 (aplikasi). Guru hampir
tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan
berpikir tingkat tinggi (higher order
thinking skills/ HOTS). Penulis juga
jarang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas
kaku dan anak-anak tampak tidak ceria.
Berdasarkan
hasil wawancara dengan beberapa siswa diperoleh informasi bahwa (a) siswa malas mengikuti pembelajaran yang banyak
dilakukan guru dengan cara ceramah’ (b) selain ceramah, metode yang selalu
dilakukan guru adalah penugasan. Sebagian siswa mengaku jenuh dengan
tugas-tugas yang hanya bersifat teoritis. Tinggal menyalin dari buku teks.
Untuk
menghadapi era Revolusi Industri
4.0, siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Salah satu model
pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi
Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Discovery
Learning. Discovery Learning
merupakan model pembelajaran yang mengedepankan strategi pembelajaran dengan
menggunakan masalah dari dunia nyata sebagai konteks siswa untuk belajar
tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk
memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi yang dipelajarinya.
Dalam Discovery Learning, siswa
dituntut untuk mampu memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari
(kontekstual). Dengan kata lain, Discovery
Learning membelajarkan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta
mencari dan menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan
masalah yang dihadapi.
Setelah
melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery learning, penulis menemukan bahwa proses dan hasil
belajar siswa meningkat. Lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Ketika model Discovery Learning ini
diterapkan pada kelas VI yang lain ternyata proses dan hasil belajar siswa sama baiknya. Praktik pembelajaran Discovery Learning yang berhasil baik
ini penulis simpulkan sebagai sebuah best practice (praktik baik) pembelajaran
berorientasi HOTS dengan model Discovery
Learning.
B. Jenis Kegiatan
Kegiatan yang dilaporkan
dalam laporan praktik baik ini
adalah Penerapan
Model Pembelajaran Tematik
Integratif Berorientasi HOTS dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa
Kelas VI SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare.
C. Manfaat
Kegiatan
Manfaat
penulisan pratik baik ini adalah
Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VI dalam
Penerapan
Model Pembelajaran Tematik
Integratif Berorientasi HOTS di UPTD SD Negeri 54 Parepare Kecamatan Soreang
Kota Parepare.
BAB II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. Tujuan
dan Sasaran
Tujuan penulisan praktik
baik ini adalah untuk mendeskripsikan praktik baik penulis dalam menerapkan pembelajaran berorientasi higher order
thinking skills (HOTS).
Sasaran pelaksanaan best
practice ini adalah siswa kelas VI semester 2 di SD
Negeri 54 Parepare sebanyak 13 orang.
B. Bahan/Materi
Kegiatan
Bahan
yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran ini adalah materi kelas VI untuk tema Menjelajah Angkasa Luar yang merupakan pembelajaran tematik gabungan KD Bahasa Indonesia dan IPA berikut ini.
Bahasa Indonesia
|
|
KD 3.9
|
Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam
teks fiksi.
|
KD 4.9
|
Menyampaikan penjelasan
tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
secara lisan, tulis, dan visua.l
|
IPA
|
|
KD 3.7
|
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya.
|
KD 4.7
|
Membuat model system tata surya.
|
C. Cara Melaksanakan Kegiatan
Cara yang digunakan
dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah menerapkan pembelajaran tematik
terpadu dengan model pembelajaran Discovery learning
Berikut ini adalah
langkah-langkah pelaksanaan praktik baik yang telah dilakukan penulis.
1.
Pemetaan KD
Pemetaan KD dilakukan
untuk menentukan pasangan KD yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil telaah KD yang ada di
kelas VI, penulis memilih tema Menjelajah angkasa luar untuk membelajarkan pasangan KD 3.9 - 4.9 muatan Bahasa Indonesia; dan KD 3.7 – 4.7 muatan IPA di kelas VI semester 2.
2.
Analisis
Target Kompetensi
Hasil analisis target kompetensinya sebagai
berikut.
KD
Pengetahuan
·
Menjelaskan sistem tata surya
·
Menjelaskan karakteristik anggota tata surya
KD
Keterampilan
- Membuat model sistem tata surya
3.
Perumusan
Indikator Pencapaian Kompetensi
IPK IPA
|
|
3.9.1
|
Memahami sistem tata surya dan
karakteristik anggota tata surya.
|
3.9.2
|
Mengetahui cara kerja anggota
sistem tata surya.
|
4.9.1
|
Menciptakan model sistem tata surya.
|
4.9.2
|
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara kerja
planet dalam sistem tata surya berdasarkan bermain peran.
|
BAHASA INDONESIA
|
|
3.9.1
|
Menganalisis
tindakan tokoh utama dalam teks fiksi.
|
3.9.2
|
Mengidentifikasi tokoh utama dalam teks
fiksi.
|
4.9.1
|
Menjelaskan tokoh utama dalam
karangan fiksi secara lisan, tulisan.
|
4.9.2
|
Menyajikan tindakan tokoh utama dalam karangan fiksi dalam
bentuk gambar sederhana.
|
4.
Pemilihan
Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang dipilih adalah Discovery Learning.
5.
Merencanakan kegiatan Pembelajaran sesuai dengan
Model Pembelajaran
Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan
merinci kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintak Discovery Learning.
Berikut ini adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dikembangkan
berdasarkan model Discovery Learning.
Sintak Model
Pembelajaran
|
Guru
|
Siswa
|
Pemberian Rangsangan
(
stimulation )
|
1) Guru
memberikan pertanyaan arahan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa melalui
gambar-gambar yang tersedia
-
Tahukah
kalian benda langit apa lagi yang ada selain matahari dan bintang ?
-
Adakah
planet lain yang kalian ketahui selain
Bumi ?
-
Bagaimanakah
planet – planet itu bekerja sehingga tidak bertabrakan antara satu dengan
yang lain ?
|
1) Siswa memerhatikan dengan saksama
gambar-gambar yang tersedia di dalam buku tentang tata surya dan angkasa
luar.
2) siswa
menuliskan pertanyaan sesuai rasa ingin tahu mereka lalu mendiskusikannya
dengan teman sebangkunya
|
Pernyataan/ Identifikasi
Masalah
( problem statement )
|
Guru mengajukan pertanyaan:
- Apakah kamu tahu hal apa yang paling perlu
diketahui dari sistem
tata surya?
|
|
Data Collection (Pengumpulan data)
|
1) Siswa akan bergantian membaca bacaan yang
berjudul “Sistem Tata Surya”.
2) Guru meminta siswa untuk mengaris bawahi informasi penting yang berhubungan
dengan bacaan di Buku Siswa.
3) Guru dapat memutarkan satu video mengenai
gerhana matahari.
4) Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok
yang terdiri atas 5 orang. Siswa akan melakukan percobaan “Sistem
Tata Surya”.
5) Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat
dan bahan yang diperlukan.
6) Siswa diminta untuk mengikuti instruksi
secara runtut.
|
1)
Siswa mengamati
video tentang
gerhana matahari
dan mencatat
informasi penting
yang bisa mereka
dapatkan dari video
tersebut.
2) siswa membuat 3
kartu informasi
berdasarkan hal-hal
yang telah
ditentukan
sebelumnya.
3) Siswa akan
mendiskusikan hal-
hal sebagai berikut:
-
Apa saja benda langit/ planet yang kamu ketahui?
-
Bagaimana ciri planet-planet ada di tata surya?
-
Bagaimana urutan penyusun tata surya?
|
Data Processing ( Pengolahan Data )
|
1) Guru meminta siswa
membuat kelompok yang terdiri atas 9 orang dan meminta setiap kelompok untuk bermain peran serta mengikuti
petunjuk.
|
1) Siswa
dalam kelompok melengkapi urutan planet dalam tata surya, lalu setiap orang
akan berbagi peran untuk memeragakan cara kerja sistem tata surya. Siswa
diberikan kesempatan untuk mengembangkan cara dalam memeragakannya.
2) Secara
bergantian setiap kelompok akan memeragakan sistem tata surya di depan kelas.
|
Verification
(Pembuktian)
|
1)
Guru
dan siswa berdiskusi tentang:
- Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
- Apa saja planet yang terdapat pada sistem tata
surya
- Bagaimana ciri dan susunan urutan dalam sistem tata surya?
2) Guru
memberikan soal evaluasi
|
1) Siswa akan bergiliran
memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.
|
Kesimpulan
( Generalization )
|
Peserta didik
menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
|
6.
Penyusunan
Perangkat Pembelajaran
Berdasarkan
hasil kerja 1 hingga 5
di atas kemudian disusun perangkat pembelajaran meliputi RPP, bahan ajar, LKS,
dan instrumen penilaian. RPP disusun dengan mengintegrasikan kegiatan
literasi, penguatan pendidikan karakter (PPK), dan kecakapan abad 21.
D. Media
dan Instrumen
Media pembelajaran yang
digunakan dalam praktik terbaik ini adalah (a) Teks bacaan tentang
Sistem Tata Surya, (b) Video Sistem Tata Surya dan (c) lembar kerja siswa (LKS) tematik. Sedangkan, Instrumen yang digunakan dalam praktik baik ini ada 2 macam yaitu (a) instrumen untuk
mengamati proses pembelajaran berupa lembar observasi dan (b) instrumen untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan (a) tes tulis
pilihan ganda dan uraian singkat.
E. Waktu
dan Tempat Kegiatan
Praktik baik ini dilaksanakan pada tanggal 04 sampai 15 Bulan November tahun 2019 bertempat di kelas VI SD Negeri 54 Parepare.
BAB III
HASIL
KEGIATAN
A.
Hasil
Hasil
yang dapat diilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut.
1.
Proses
pembelajaran tematik yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berlangsung aktif. Siswa menjadi lebih aktif
merespon pertanyaan dari guru, termasuk mengajukan pertanyaan pada guru maupun
temannya. Aktifitas pembelajaran yang dirancang sesuai sintak Discovery Learning megharuskan siswa aktif selama proses
pembelajaran.
2.
Pembelajaran
tematik yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer
knowledge.
Setelah membaca, mengamati, dan melakukan percobaan, siswa tidak hanya memahami cara kerja planet dalam sistem tata surya (pengetahuan konseptual) dan langkah - langkah membuat laporan hasil pengamatan yang benar (pengetahuan prosedural), tetapi juga
memahami tentang material yang menyusun tata surya kita. Pemahaman ini menjadi dasar siswa dalam
mempelajari materi IPA
tentang sistem tata surya. Pemahaman
tentang material yang membentuk tata surya membantu siswa dalam menganalisis urutan dan cara kerja
planet dalam sistem tata surya.
Pemahaman siswa tentang material penyusun tata surya pada dasarnya dapat menjadi pengantar bagi siswa
untuk memahami cara kerja setiap planet dalam sistem tata surya.
3.
Penerapan
model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
Hal ini dapat dilihat dari tingkat partisipasi
siswa untuk bertanya dan menanggapi topik yang dibahas dalam pembelajaran.
Dalam pembelajaran sebelumnya yang dilakukan
penulis tanpa berorientasi HOTS suasana kelas cenderung sepi dan serius. Siswa
cenderung bekerja sendiri-sendiri untuk berlomba menyelesaikan tugas yang
diberikan guru. Fokus guru adalah bagaimana siswa dapat menyelesaikan soal yang disajikan; kurang peduli pada proses
berpikir siswa. Tak hanya itu, materi pembelajaran yang selama ini selalu
disajikan dengan pola deduktif (diawali dengan ceramah teori tentang materi
yang dipelajari, pemberian tugas, dan pembahasan), membuat siswa cenderung menghapalkan teori.
Pengetahuan yang diperoleh siswa adalah apa yang diajarkan oleh guru.
Berbeda kondisinya dengan praktik baik pembelajaran
tematik berorientasi HOTS dengan menerapkan Discovery
Learning. Dalam pembelajaran ini
pemahaman siswa tentang sistem tata surya, cara kerja planet, dan cara
mahluk hidup menyesuaikan diri benar-benar dibangun oleh siswa melalui
pengamatan dan diskusi yang meuntut kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
4.
Penerapan
model pembelajaran Discovery Learning juga meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah (problem solving). Discovery Learning yang diterapkan dengan menyajikan teks tulis dan
video berisi permasalahan kontekstual mampu mendorong siswa merumuskan
pemecahan masalah.
Sebelum menerapkan model Discovery Learning,
penulis melaksanakan pembelajaran sesuai dengan buku guru dan buku siswa.
Meskipun permasalahan yang disajikan dalam buku teks kadang kala kurang sesuai
dengan kehidupan sehari-hari siswa, tetap saja penulis gunakan. Jenis teks yang
digunakan juga hanya pada teks tulis dari buku teks.
Dengan menerapkan model Discovery Learning, siswa
tak hanya belajar dari teks tulis, tetapi juga dari video serta diberi
kesempatan terbuka untuk mencari data, materi dari sumber lainnya.
B.
Masalah
yang Dihadapi
Masalah yang dihadapi terutama adalah siswa belum terbiasa siswa belajar dengan model Discovery
Learning. Dengan tujuan untuk
mendapat nilai ulangan yang baik guru selalu mengguakan metode ceramah, siswa
pun merasa lebih percaya diri menghadapi ulangan (penilaian) setelah mendapat
penjelasan guru melalui ceramah.
Masalah lainnya adalah guru
tidak mempunyai kompetensi yang memadai untuk membuat video pembelajaran.
Padahal selain sebagai media pembelajaran, Video juga merupakan bentuk teks
audiovisual yang juga harus disajikan sesuai dengan rumusan KD.
C.
Cara
Mengatasi Masalah
Agar siswa yakin bahwa pembelajaran tematik dengan model Discovery Learning dapat membantu mereka lebih menguasai materi pembelajaran, guru memberi penjelasan sekilas tentang apa,
bagaimana, mengapa, dan manfaat belajar berorientasi pada keterampilan berpikir
tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Pemahaman dan kesadaran
akan pentingnya HOTS ajkan membuat siswa termotivasi untuk mengikuti
pembelajaran. Selain itu, kesadaran bahwa belajar bukan sekadar menghafal teori
dan konsep akan membuat siswa mau belajar dengan HOTS.
Kekurangmampuan guru
membuat video pembelajaran dapat diatasi dengan mengunduh video sesuai dengan
KD yang akan dibelajarkan baik dari youtube maupun dari Rumah Belajar. Dengan
demikian, selain menerapkan kegiatan literasi baca = tulis, siswa juga dapat
meningkatkan literasi digitalnya.
Bab IV
Simpulan dan
Rekomendasi
A. Simpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut.
1.
Pembelajaran
tematik dengan model pembelajaran PBL layak dijadikan praktik baik pembeljaran
berorientasi HOTS karena dapat
meingkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir
kritis, dan pemecahan masalah.
2.
Dengan
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat,
pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery
Learning yang dilaksanakan tidak
sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan
kecakapan abad 21.
B.
Rekomendasi
Berdasarkan
hasil praktik baik pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery Learning, berikut disampaikan rekomendasi yang relevan.
1.
Guru
seharusnya tidak hanya mengajar dengan mengacu pada buku siswa dan buku guru
serta jaring-jaring tema yang telah disediakan, tetapi berani melakukan inovasi
pembelajaran tematik yang kontekstual sesuai dengan latar belakang siswa dan
situasi dan kondisi sekolahnya. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih
bermakna.
2.
Siswa
diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar,
tidak terbatas pada hafalan teori. Kemampuan belajar dengan cara ini akan membantu siswa menguasai materi
secara lebih mendalam dan lebih tahan lama (tidak mudah lupa).
3.
Sekolah,
terutama kepala sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan
pembelajaran berorientasi HOTS. Dukungan positif sekolah, seperti penyediaan
sarana dan prasarana yang memadai dan kesempatan bagi penulis
utuk mendesiminasikan praktik baik ini aka menambah wawasan guru lain tentang
pembelajaran HOTS.
LAMPIRAN
Lampiran
1 : Foto-foto kegiatan
Lampiran
2 : RPP
Lampiran
3 : Bahan Ajar
Lampiran
4 : LKS
Lampiran
5 : Kisi-kisi soal pilihan ganda dan uraian
Lampiran
6 : Soal, kunci, dan pedoman
penyekoran
Lampiran
7 : Lembar observasi proses
pembelajaran
Lampiran
8 : Kuesioner motivasi belajar siswa
Lampiran
1: Foto – foto Kegiatan
LAMPIRAN 2 RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : UPTD SD Negeri 54 Parepare
Tema/Sub Tema/PB : 9. Menjelajah
Angkasa Luar/9.1
Keteraturan yang menakjubkan/ PB I
Kelas /Semester : VI/2 (dua )
Materi
Pokok : Sistem Tata Surya dan Teks Fiksi
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
Ilmu
Pengetahuan Alam
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota
tata surya.
|
3.7.1 Mengenal
sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
|
4.7 Membuat model sistem tata surya.
|
4.7.1 Menjelaskan sistem tata surya
melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri.
4.7.2 Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara
kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
|
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan
penulis dalam teks fiksi.
|
3.9.1 Membuat
sebuah laporan pengamatan
tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.
|
4.9 Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan
tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan
visual.
|
4.9.1 Menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
mencermati bacaan, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
2. Dengan
melakukan pengamatan pada video pembelajaran, siswa dapat menjelaskan sistem
tata surya dengan percaya diri
3. Dengan
kegiatan bermain peran, siswa dapat menjelaskan cara kerja planet dalam sistem
tata surya dengan lebih percaya diri.
4. Dengan melakukan
percobaan, siswa dapat melaporkan hasil percobaan mengenai cara kerja
anggota sistem tata surya dengan percaya diri.
C.
MATERI PEMBELAJARAN
- Sistem Tata Surya
D. METODE
PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik.
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, pengamatan, demonstrasi, diskusi,
dan penugasan.
E.
MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN
1. Media : - Teks bacaan
tentang Sistem Tata Surya
-
Video Sistem Tata Surya
2. Alat :
- Projector
-
Apron Tata Surya
-
KIT IPA
F.
SUMBER BELAJAR
Sumber
Belajar : Buku Guru dan Buku Siswa Kelas VI, Tema 9:
Menjelajah Angkasa
Luar.
BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta:
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap Pembelajaran/ Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
A. Kegiatan Pendahuluan
|
5 Menit
|
|
Pendahuluan (Persiapan/
Orientasi)
|
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’amenurut
agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
|
|
Apersepsi
|
¡
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang benda langit
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Sistem Tata Surya”.
|
|
Motivasi
|
§
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. Communication
|
|
B. Kegiatan Inti
|
25 Menit
|
|
Stimulation (Pemberian Rangsang)
|
Mengamati
7) Guru akan bertanya:
-
Apakah kamu tahu apa saja benda langit?
-
Apakah kamu tahu apa saja planet yang ada di tata surya?
-
Apakah kamu tahu urutan penyusun tata surya?
|
|
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
|
Menanya
8) Guru bertanya:
-
Apakah kamu tahu hal apa yang paling perlu diketahui dari sistem tata surya?
|
|
Data Collection (Pengumpulan data)
|
Mengumpulkan informasi
9) Siswa akan bergantian membaca bacaan yang
berjudul “Sistem Tata Surya”.
10) Guru meminta siswa untuk mengaris bawahi informasi penting yang berhubungan
dengan bacaan di Buku Siswa.
11) Guru dapat memutarkan satu video mengenai
gerhana matahari.
12) Guru meminta siswa untuk mengamati video
tersebut dan mencatat informasi penting yang bisa mereka dapatkan dari video
tersebut.
13) Guru meminta siswa untuk membuat 3 kartu
informasi berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan sebelumnya.
14) Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok
yang terdiri atas 5 orang. Siswa akan melakukan percobaan “Sistem Tata
Surya”.
15) Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat
dan bahan yang diperlukan.
16) Siswa diminta untuk mengikuti instruksi
secara runtut.
17) Siswa akan mendiskusikan hal-hal sebagai
berikut:
-
Apa saja benda langit/ planet yang kamu ketahui?
-
Bagaimana ciri planet-planet ada di tata surya?
-
Bagaimana urutan penyusun tata surya?
|
|
Data Processing (Pengolahan Data)
|
Menalar
·
Guru meminta siswa membuat
kelompok yang terdiri atas 9 orang dan meminta setiap
kelompok untuk bermain peran serta mengikuti petunjuk.
·
Siswa dalam kelompok
melengkapi urutan planet dalam tata surya, lalu setiap orang akan berbagi
peran untuk memperagakan cara kerja sistem tata surya. Siswa diberikan
kesempatan untuk mengembangkan cara dalam memeragakannya. Secara bergantian setiap kelompok akan memperagakan sistem
tata surya di depan kelas.
|
|
Verification (Pembuktian)
|
Mengomunikasikan
18) Guru dan siswa berdiskusi tentang:
-
Apa yang dimaksud dengan sistem tata surya?
-
Apa saja planet yang terdapat pada sistem tata surya
-
Bagaiman ciri dan susunan urutan dalam sistem tata surya?
19) Siswa akan bergiliran memberikan
pendapatnya mengenai hal tersebut.
20) Guru membagikan soal evaluasi.
|
|
Generalization (Kesimpulan)
|
-
Peserta didik menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
|
|
Kegiatan
Penutup
|
5 Menit
|
|
§ Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan bahwa Tuhan
menciptakan perbedaan cuaca pada satu tempat dengan tempat yang lain dengan
segala manfaatnya. Kita diminta tetap mensyukuri semua peristiwa dengan
melakukan berbagai aktivitas sesuai waktunya.
Lalu, meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.(Mandiri)
§ Guru membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari ini.(Kreativitas)
§ Guru menyampaikan rencana kegiatan berikutnya.
§ Guru melakukan penilaian terhadap aktivitas pembelajaran hari ini.
§ Kelas ditutup dengan doa bersama. Guru kembali mengingatkan sikap
berdoa yang baik.Religius
|
H.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian Sikap
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Pendampingan
1
|
Keaktifan
dalam kegiatan bermain peran dan diskusi
|
Selalu
semangat dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
Kadang
aktif dalam bermain peran
dan mengemukakan pendapat
|
Kurang
aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
Tidak
aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
b. Pengetahuan dan Keterampilan
Bentuk Penilaian: Penugasan
- Bermain Peran
KD IPA 3.7 dan 4.7
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen Penilaian : Rubrik
Rubrik Bermain Peran Cara Kerja
Sistem Tata Surya
- Membuat Laporan Pengamatan
KD IPA 3.7 dan 4.7
Bentuk Penilaian :Non Tes
Instrumen Penilaian :Rubrik
Rubrik Membuat Laporan Pengamatan
Cara Kerja SIstem Tata Surya melalui
Bermain Peran
- Menjelaskan Tokoh Utama dalam Teks Fiksi
KD Bahasa Indonesia 3.9 dan 4.9
Bentuk Penilaian : Non Tes
Instrumen Penilaian : Rubrik
I.
PEMBELAJARAN
REMEDIAL
Peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM
akan dibimbing secara khusus dengan bantuan teman sebaya dalam menjelaskan
proses gerhana. Adapun alternatif proses pembelajaran yang
dilakukan adalah Pembelajaran Ulang. Adapun langkah-langkahnya adalah:
-
Guru meminta beberapa siswa
yang nilainya di bawah KKM untuk tinggal sejenak di dalam kelas untuk
mendapatkan bimbingan
-
Guru didampingi oleh beberapa
anak yang akan menyampaikan menggunakan bahasanya sendiri tentang apa yang
telah disampaikan oleh guru.
-
Diharapkan setelah melalui
proses ini peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM sudah mampu
mendapatkan nilai di atas KKM.
J.
PEMBELAJARAN
PENGAYAAN
Peserta
didik yang nilainya sudah di atas KKM dan masih ingin mendapatkan pelajaran tambahan maka akan
dibimbing secara khusus oleh guru untuk mempelajari lebih lanjut tentang gerhana dan dampaknya bagi
kehidupan, adapun alternatif proses pembelajaran yang dilakukan adalah
Pembelajaran Ulang. Adapun langkah-langkahnya adalah:
-
Guru meminta beberapa siswa
yang nilainya di atas KKM untuk tinggal sejenak di dalam kelas untuk mendapatkan
bimbingan tentang
dampak gerhana bulan dan matahari.
-
Diharapkan setelah melalui
proses ini peserta didik yang nilainya sudah di atas KKM mampu lebih memahami lagi materi.
K.
BAHAN AJAR
Benda Langit di Sekitar Kita
Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan
bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh
gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang
mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal.
Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit
yang sangat banyak.
Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata
surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi
Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas
satelit, asteroid, dan komet.
Setiap planet dalam tata surya berada pada garis
edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di
orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang
mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus,
Uranus, dan Neptunus.
Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa
berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan
kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.
Semua planet yang ada dalam sistem tata surya
akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai
pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut
dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk
mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan
perubahan siang dan malam.
Mengetahui
Kepala UPTD SDN 54 Parepare
HJ. ISAKKA, S. Pd., MM. Pd
NIP. 19631231
198206 2 126
|
Parepare, 18 November
2019
Guru Kelas VI
RANDY
SETIAWAN, S.Pd.
NIP. 19910802
201402 1 002
|
LAMPIRAN 3 BAHAN AJAR
Benda Langit di Sekitar Kita
Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan
bentuk yang berbeda-beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh
gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang
mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal.
Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit
yang sangat banyak.
Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata
surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi
Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas
satelit, asteroid, dan komet.
Setiap planet dalam tata surya berada pada garis
edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di
orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang
mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus,
Uranus, dan Neptunus.
Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa
berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan
kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.
Semua planet yang ada dalam sistem tata surya
akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai
pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut
dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk
mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan
perubahan siang dan malam,
LAMPIRAN 4 LKS
1. Laporan Pengamatan
FORMAT LAPORAN PENGAMATAN
Judul
Kegiatan:
.............................................................................................................................
Tujuan
Pengamatan:
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Metode:
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Hasil
Pengamatan:
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Kesimpulan:
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
2. Tugas Individu
jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan
Matahari?
................................................................................................................
.................................................................................................................
b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
................................................................................................................
.................................................................................................................
c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam
sistem
tata surya?
................................................................................................................
.................................................................................................................
d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam
sistem
tata surya?
................................................................................................................
.................................................................................................................
e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat?
Mengapa?
................................................................................................................
.................................................................................................................
f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling
lama?Mengapa?
................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
LAMPIRAN
5 Kisi – Kisi Soal
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
No.
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1.
|
Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik
anggota tata surya
|
Mengidentifikasi penyusun system tata surya
|
Cara kerja system tata surya
|
Disajikan
ilustrasi siswa dapat menganalisis nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
|
C4
|
PG
|
1
|
2
|
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik
anggota tata surya
|
Menunjukkan
system tata surya
|
Galaksi dan system tata surya
|
Disajikan gambar system tata surya, siswa dapat
menyimpulkan planet yang mengalami
revolusi paling cepat terhadap matahari.
|
C4
|
Uraian
|
1
|
LAMPIRAN
6 Soal, Kunci Jawaban, dan Penskoran
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VI/2
|
|||||||
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik
anggota tata surya
|
||||||
Materi
|
Cara kerja system tata surya
|
||||||
Indikator Soal
|
Disajikan ilustrasi siswa dapat menganalisis nama
planet berdasarkan ciri-cirinya
|
||||||
Level Kognitif
|
C4
|
||||||
Soal :
Sesaat matahari terbenam atau menjelang matahari terbit , di langit
kadangkala terlihat planet yang tampak seperti bulan, Sehingga disebut Bintang Fajar atau Bintang
Senja. Planet tersebut adalah….
a. venus
b. Merkurius
c. Mars
d. Jupiter
|
LK-4c KARTU SOAL URAIAN
Kunci
Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
1.
|
Jika kosong atau jawaban salah
|
0
|
2.
|
Merkurius, karena Merkurius perputarannya sangat cepat
|
1
|
3.
|
Merkurius, karena merupakan planet urutan
pertama dari system tata surya
|
2
|
5.
|
Merkurius, karena Merkurius terletak paling dekat dengan
matahari
|
3
|
6.
|
Merkurius, karena merkurius terletak paling dekat dengan
matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi matahari
menjadi paling cepat
|
4
|
LAMPIRAN
7 Lembar Observasi
- Penilaian sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Tanggung
jawab
|
||
1.
|
Firdaus
|
|||
2.
|
M. Alif Rahmatullah
|
|||
3.
|
Andi Palalloi
|
|||
4.
|
Adinda Chezia
|
|||
5.
|
Chelsea
|
|||
6.
|
Dst …
|
Kriteria
|
Sangat Baik
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Pendampingan
1
|
Keaktifan
dalam kegiatan bermain peran dan diskusi
|
Selalu
semangat dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
Kadang
aktif dalam bermain peran
dan mengemukakan pendapat
|
Kurang
aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
Tidak
aktif dalam bermain peran dan mengemukakan pendapat
|
R-9
Rubrik Laporan Best Practise
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A. Langkah-langkah penilaian
hasil kajian:
1. Cermati tugas yang diberikan kepada
peserta pembekalan pada LK-9!
2. Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan
penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
B. Kegiatan
Praktik
1. Memuat Lembar Judul
2. Memuat Halaman Pengesahan yang ditanda
tangani Kepala Sekolah
3. Memuat Biodata Penulis dengan lengkap
4. Memuat Kata Pengantar, Daftar Isi dan Daftar Lampiran
5. Menguraikan Latar
Belakang Masalah dari kesenjangan harapan dengan kenyataan yang ada dengan
jelas
6. Menguraikan jenis
dan manfaat kegiatan dengan jelas
7. Memuat tujuan dan
sasaran, Bahan/Materi Kegiatan, Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan, Alat/Instrumen,
Waktu dan Tenpat Kegiatan dengan jelas
8. Menguraikan hasil
kegiatan dengan penjelasan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara
mengatasi masalah tersebut dengan jelas
9. Memuat simpulan
dan rekomendasi yang relevan
10. Memuat daftar
pustaka sesuai materi yang dituangkan
11. Memuat lampiran
yang dilengkapi dokumentasi, instrumen dan hasil pembelajaran
Rubrik
Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Sebelas aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Sembilan aspek sesuai
dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Tujuh sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Lima sesuai dengan kriteria, enam aspek kurang sesuai
|
<60
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tujuh aspek kurang sesuai
|
0 Response to "Laporan Best Practice Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi"
Post a Comment