Peranan Lingkungan Dalam Perkembangan Kreativitas Peserta Didik
Kreativitas |
Terdapat tiga lingkup yang berperan besar dalam merangsang perkembangan bakat dan kreativitas anak yakni: peranan keluarga, peranan sekolah,dan peranan masyarakat.
A. Peranan Keluarga dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak
Menurut Dacey, keluarga merupakan kekuatan yang penting dalam mengembangkan dan merangsang perkembangan bakat dan kreativitas anak. Dacey menarik kesimpulan akan karakteristik apa saja yang dimiliki keluarga dalam menghasilkan anak yang kreatif, yaitu:
• Faktor genetis
• Aturan perilaku
• Humor
• Pengakuan dan Penguatan pada Usia Dini
• Gaya Hidup Orang Tua
• Trauma
• Dampak dari Sekolah
• Bekerja Keras
• Perbedaan Jenis Kelamin
• Penilaian Orang Tua Mengenai Kreativitas Anak
Menurut Dacey, keluarga merupakan kekuatan yang penting dan merupakan sumber pertama dan yang paling utama dalam pengembangan kemampuan kreatif anak.
Amabile menyebutkan adanya faktor yang menentukan sikap orang tua secara langsung yang mempengaruhi kreativitas anak mereka, yaitu :
1. Kebebasan
Orangtua diharap memberikan kebebasan terhadap anaknya dan tidak banyak memberikan tekanan. Hanya saja disiplin memang harus tetap dijalankan sebagaimana tanggung jawab seseorang sebagai anak.
2. Prestasi
Orangtua sebaiknya menaruh rasa penghargaan terhadap setiap produk kreativitas yang mampu anaknya ciptakan sekecil apapun itu meski tidak diberikan reward secara langsung, namun berupa ucapan kebanggaan.
3. Menyediakan wadah
Orangtua sebaiknya mendukung anak dalam berkreasi dan menyediakan wadah untuk mengembangkan kreativitas anak tersebut. Seperti kursus dan sebagainya.
Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa keluarga yang mendukung dan menghargai potensi kreatif yang ada di dalam diri anaknya akan membuat anak tersebut mudah dalam mengembangkan kreativitasnya.
B. Peranan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas Anak
Sekolah dapat menjadi salah satu sarana yang penting bagi anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Disinilah peran guru menjadi sangat berguna. Guru mempunyai dampak yang besar tidak hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak terhadap sekolah dan terhadap belajar. Guru dapat menjadi model dari motivasi intrinsik siswa dengan mengungkapkan secara bebas rasa ingin tahunya.
1. Sikap Guru
Guru sebaiknya mengembangkan kreativitas siswa dengan cara menciptakan suasana yang nyaman, tidak terasa menegangkan dan tidak kaku agar siswa mampu memunculkan ide kreatif mereka.
2. Penilaian
Pemberian umpan balik terhadap hasil karya anak merupakan hal yang baik dilakukan saat bersekolah. Strategi ini cukup baik dalam membangkitkan semangat anak menumbuhkan kreativitasnya. Guru sebaiknya benar-benar mengikuti kemajuan siswa melalui interaksi terus menerus dengan siswa.
3. Hadiah
Hadiah yang terbaik untuk karya yang baik adalah seperti senyuman atau anggukan, kata penghargaan, dan kesempatan menampilkan karya anak. Strategi seperti ini dapat mendukung anak untuk meningkatkan kreativitasnya.
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kreativitas anak, namun kebanyakan guru masih berpusat pada pembelajaran yang kaku dan menegangkan sehingga siswa menjadi kurang percaya diri untuk mengembangkan kreativitasnya.
C. Peranan Masyarakat dalam Mengembangkan Kreativitas
Mochtar Lubis (1983) menegaskan bahwa salah satu persyaratan utama bagi berkembangnya kreativitas suatu bangsa adalah adanya kebebasan.
Peran serta masyarakat untuk memupuk bakat dan talenta siswa berbakat sudah semakin banyak ditemukan akhir-akhir ini seperti kursus, pelatihan, sanggar, dan sebagainya. Demikian pula untuk bakat dalam bidang psikomotor seperti olahraga dan bahkan sekarang sudah banyak ditemukan kursus untuk berbagai macam keterampilan seperti menjahit, memasak, kecantikan, dan sebagainya yang mengembangkan berbagai talenta. Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan anak berbakat dapat terwujud melalui berbagai bentuk kerja sama.
Sarana-sarana yang disediakan oleh lingkungan masyarakat dapat sangat mendukung banyak orang yang mau mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Namun yang masih perlu lebih ditingkatkan ialah kerja sama tiga lingkungan pendidikan yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat sehingga terciptalah satu kesatuan yang sangat komplit dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak.
0 Response to "Peranan Lingkungan Dalam Perkembangan Kreativitas Peserta Didik"
Post a Comment