Model Pembelajaran Aktif Silent Demonstration

A.      Pengertian model pembelajaran aktif Silent Demonstration
Model pembelajaran aktif Silent Demonstration merupakan model pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan jawaban dengan mengkontruksi sendiri pemikirannya berdasarkan Demonstration bisu/ percobaan dengan penjelasan siminim mungkin.
Model ini dimaksudkan penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Model pembelajaran aktif Silent Demonstration, dilakukan oleh guru atau siswa lainnya dengan penjelasan sedikit mungkin. Peran siswa tidak hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi juga dituntut untuk menjelaskan apa saja yang dilakukan oleh si pendemo dan bagaimana hasil akhir dari demo/percobaan tersebut. Model pembelajaran aktif Silent Demonstration cukup baik apabila digunakan dalam penyampaian bahan pelajaran khususnya IPA pada materi konsep energi bunyi.
B.      Karakteristik model pembelajaran aktif Silent Demonstration
Masing-masing model pembelajaran, mempunyai karakteristik atau cirri-ciri tersendiri, demikian juga dengan model pembelajaran aktif Silent Demonstration. Menurut Agus (2010), sesuai dengan namanya Silent Demonstration, artinya demostrasi yang dilakukan dengan bisu atau tanpa ada suara. Jika pada pendidikan tingkat yang lebih tinggi demostrasi ini dilakukan tanpa sedikitpun suara, namun pada tingkat sekolah dasar dapat dilakukan dengan penjelasan tetapi seminim mungkin, penjelasan tersebut dapat berupa kata-kata kunci saja. Jadi ciri khas dari model ini adalah minimnya penjelasan saat melakukan Demonstration.
C.       Tujuan model pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Hisyam (2008: 79) model pembelajaran aktif Silent Demonstration ini dapat digunakan untuk mengajar langkah-langkah suatu proses atau keterampilan yang lain. Dengan mendemonstrasikan langkah-langkah suatu prosedur dengan cara diam (bisu), guru mendorong peserta didik untuk tetap menjaga perhatian. Model ini dapat digunakan dengan baik untuk mengajarkan keterampilan atau materi-materi yang menuntut kerja psikomotor.
D.      Langkah-langkah model pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Hisyam (2008: 79), langkah-langkah model pembelajarn aktif Silent Demonstration adalah sebagai berikut :
1.       Tentukan prosedur atau langkah-langkah yang akan diajarkan kepada siswa,
2.       Mintalah siswa untuk memperhatikan anda dalam mengerjakan prosedur,
3.       Bentuk siswa menjadi pasangan-pasangan, demonstrasikan ulang bagian pertama dari prosedur kegiatan,
4.       Minta beberapa orang untuk menjelaskan apa yang anda lakukan ,
5.       Beri kesempatan masing-masing pasangan untuk mempraktekkan prosedur,
6.       Akhiri dengan memberi tantangn kepada siswa untuk melakukan prosedur dari awal sampai akhir.

E.      Kelemahan dan kelebihan model pembelajaran aktif Silent Demonstration
Menurut Agus (2010: 26), Model pembelajaran aktif Silent Demonstration memiliki keunggulan dan kelemahan sebagaimana yang akan dipaparkan berikut ini:
Keunggulannya antara lain: 1) Dapat merangsang  siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar, 2) Dapat menambah pengalaman siswa, 3) Meningkatkan daya pikir siswa, 4) Perhatian siswa dapat dipusatkan, 5) Bisa membantu siswa ingat lebih lama tentang materi yang disampaikan karena hasil dari pemikiran sendiri.

Selain beberpa keunggulan yang dimiliki oleh model pembelajaran aktif Silent Demonstration, model ini juga memiliki beberapa kelemahan. Wijaya (2010: 26) mengemukakan kelemahan Model pembelajaran aktif Silent Demonstration antara lain :
1) Memerlukan persiapan yang lebih matang dan waktu yang banyak, 2) Memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai,               3) Memerlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam menentukan kata-kata kunci, 4) Dapat menimbulkan kesalahpahaman karena penjelasan.

Ketika kita melihat langkah-langkah dan beberapa keunggulan model pembelajaran aktif Silent Demonstration dalam pembelajaran, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model ini cocok dan sesuai dengan masalah yang ada dalam mencapai tujuan pembalajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa terutama materi konsep energi bunyi dalam pembelajaran IPA.
F.      Penerapan Model Pembelajaran Aktif Silent Demonstration dalam Pembelajaran IPA

Penerapan model pembelajarn aktif Silent Demonstration pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar khususnya pada materi konsep energi bunyi. Berdasarkan tahap pelaksanaan yang dikemukakan Hisyam (Agus, 2010) adalah:
Pertemuan diawali dengan menetukan prosedur atau langkah-langkah yang akan diajarkan pada siswa, contohnya prosedur yang berhubungan dengan konsep energi bunyi. Kemudian meminta siswa untuk memperhatikan guru dalam mengerjakan prosedur tersebut. Guru melakukan dengan penjelasan atau komentar yang seminim mungkin, dalam hal ini guru memberikan gambaran visual tentang prosedur tersebut. Dalam kesempatan ini guru hanya di tuntut untuk membangun kesiapan belajar siswa.
Setelah tahap pertama dipersiapkan, gurupun membentuk siswa menjadii pasangan-pasangan. Demonstrasikan lagi bagian pertama dari prosedur, usahakan tidak terlalu banyak memberi penjelasan. Minta masing-masing pasangan untuk mendiskusikan apa yang mereka saksikan dari demonstrasi  guru.
Setelah berdiskusi, beberapa siswa diminta untuk menjelaskan apa yang telah dilakukan. Jika siswa masih kesulitan, penjelasan dapat diulang kembali sampai siswa menguasai materi. Komentari observasi yang benar. Beri kesempatan untuk masing-masing pasangan untuk mempraktekkan prosedur. Jika sukses, lanjutkan dengan demonstration bisu untuk bagian selanjutnya. Selanjutnya di akhir pembelajaran, siswa diminta menyelesaikan secara mandiri suatu contoh soal atau kasus yang membutuhkan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Atau dengan memberi tantangan pada siswa untuk melakukan prosedur dari awal sampai akhir.

0 Response to "Model Pembelajaran Aktif Silent Demonstration"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel