Model Pembelajaran Gerlach dan Ely

A.     Pengertian Model pembelajaran Gerlach dan Ely
Gerlach dan Ely mendesain sebuah model pembelajaran yang cocok digunakan untuk Segala kalangan termasuk SD, karena di dalamnya terdapat penentuan strategi yang cocok digunakan oleh peserta didik dalam menerima materi yang akan disampaikan. Di samping itu, model Gerlach dan Ely menetapkan pemakaian produk teknologi pendidikan sebagai media dalam menyampaikan materi (Rusman, 2010: 156).
Model ini merupakan suatu upaya untuk menggambarkan secara grafis, suatu metode perencanaan pembelajaran yang sistematis. Dalam model ini memperlihatkan keseluruhan proses belajar mengajar yang baik, meskipun tidak menggambarkan perincian setiap komponen. Model ini memperlihatkan hubungan antara elemen yang satu dengan elemen yang lainnya serta menyajikan suatu pola urutan yang dapat dikembangkan ke dalam suatu proses pembelajaran yang baik.
B.     Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely
Kelebihan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely memiliki perbedaan tersendiri dibanding dengan model pembelajaran lainnya. Perbedaan yang paling kentara adalah diadakannya pretest (tes awal) sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Pretest merupakan tahapan yang cukup dipandang penting karena guru belum mengenal karakteristik siswa.
Disamping itu, model pembelajaran Gerlach dan Ely sangat teliti sekali dalam kegiatan belajar siswa, terbukti dengan diadakannya pretest (tes awal), strategi belajar, pengelompokan belajar, dan umpan balik.
Disamping memiliki kelebihan, model pembelajaran Gerlach dan Ely  juga memiliki sedikit kekurangan diantaranya tidak ada tahapan  pengenalan karakteristik siswa sehingga sedikitnya akan membuat guru kewalahan dalam menganalisis kebutuhan belajar siswa selama proses pembelajaran, serta siswa merasa segan dalam mengemukakan pendapatnya
C.      Langkah- langkah Model Pembelajaran Gerlach dan Ely
                Menurut Gerlach dan Ely ( Harjanto, 2005: 83) Langkah- langkah pembelajaran terdiri dari :
     1) Penilaian kemampuan awal siswa, 2) strategi  belajar (bentuk ekspositori dan inquiri), 3) pengelompokan belajar,  4) penggunaan media, 5) evaluasi hasil belajar, dan 6) analisis umpan balik.
D.    Penerapan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely dalam IPS
 
 



                Penerapan model  Gerlach dan Ely dalam pembelajaran untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini
                         Tabel 2.1 Penerapan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely

TAHAPAN
Indikator
Tahap 
Tahap I
Penilaian kemampuan awal siswa
1.    Pemberian tes awal kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa tentang materi mata pelajaran IPS dan mengelompokkan
Siapa-siapa yang termasuk mampu dan kurang mampu
Tahap            Tahap 2
Strategi belajar
Ada dua macam pendekatan yang digunakan yaitu bentuk ekspositori dan bentuk inquiri

hhjjj
          
Hipote
1.    Ekpositori
Siswa mendengarkan ceramah dari guru tentang mata pelajan IPS
2.    Inquiri
Guru hanya menampilkan demostrasi. Setiap siswa mengajukan hipotesis sebanyak-banyaknya serta pertanyaan kepada guru, hal ini bertujuan untu membantu siswa dalam mengembangkan kreatifitas berfikirnya
Tahap 3
Penggunaan Media
     


1.    Siswa memperhatikan media proyeksi yang digunakan dalam mengkomunikasikan materi pelajaran
2.    Melakukan tanya jawab tentang media yang ditampilkan
Tahap 4
Pengelompokan belajar

1.    Siswa dibagi dalam beberapa kelompok secara heterogen
2.    Membimbing siswa untuk mengklarifikasi hipotesi yang diajukan, kemudian mendefenisikannya, sehingga semua kelompok siswa dapat memahami materi
3.    Setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi
4.    Penarikan kesimpulan secara bersama sama
Tahap 5
Evaluasi hasil belajar

1.    Siswa diberikan tes evaluasi untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah di ajarkan
Tahap 6
Analisis umpan balik
1.    Membantu siswa dalam memperbaiki tugas atau ada materi yang belum jelas. Serta mengevaluasi proses pembelajaran
                Sumber : Model Pembelajaran Gerlach dan Ely ( Rusman, 2010 :115)

1 Response to "Model Pembelajaran Gerlach dan Ely"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel