Model Pembelajaran Gerlach dan Ely
Gerlach dan Ely mendesain sebuah model
pembelajaran yang cocok digunakan untuk Segala kalangan termasuk SD, karena di
dalamnya terdapat penentuan strategi yang cocok digunakan oleh peserta didik
dalam menerima materi yang akan disampaikan. Di samping itu, model Gerlach dan Ely menetapkan pemakaian produk teknologi pendidikan sebagai media
dalam menyampaikan materi (Rusman, 2010: 156).
Model ini merupakan suatu upaya untuk menggambarkan secara grafis, suatu
metode perencanaan pembelajaran yang sistematis. Dalam model ini memperlihatkan
keseluruhan proses belajar mengajar yang baik, meskipun tidak menggambarkan
perincian setiap komponen. Model ini memperlihatkan hubungan antara elemen yang
satu dengan elemen yang lainnya serta menyajikan suatu pola urutan yang dapat
dikembangkan ke dalam suatu proses pembelajaran yang baik.
B. Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Gerlach dan Ely
Kelebihan Model
Pembelajaran Gerlach dan Ely memiliki perbedaan tersendiri
dibanding dengan model pembelajaran lainnya. Perbedaan yang paling kentara
adalah diadakannya pretest (tes awal) sebelum kegiatan belajar mengajar
dilaksanakan. Pretest merupakan tahapan yang cukup dipandang penting karena guru
belum mengenal karakteristik siswa.
Disamping itu, model
pembelajaran Gerlach dan Ely sangat teliti sekali dalam kegiatan
belajar siswa, terbukti dengan diadakannya pretest (tes awal), strategi
belajar, pengelompokan belajar, dan umpan balik.
Disamping memiliki
kelebihan, model pembelajaran Gerlach dan Ely
juga memiliki sedikit kekurangan diantaranya tidak ada tahapan pengenalan karakteristik siswa sehingga
sedikitnya akan membuat guru kewalahan dalam menganalisis kebutuhan belajar siswa
selama proses pembelajaran, serta siswa merasa segan dalam mengemukakan
pendapatnya
C.
Langkah- langkah Model
Pembelajaran Gerlach dan Ely
Menurut Gerlach dan Ely ( Harjanto, 2005: 83) Langkah- langkah pembelajaran terdiri
dari :
1) Penilaian kemampuan awal siswa, 2)
strategi belajar (bentuk ekspositori dan
inquiri), 3) pengelompokan belajar, 4)
penggunaan media, 5) evaluasi hasil belajar, dan 6) analisis umpan balik.
|
Penerapan model Gerlach dan Ely dalam pembelajaran untuk lebih jelasnya dapat dilihat
pada tabel dibawah ini
Tabel 2.1 Penerapan
Model Pembelajaran Gerlach dan Ely
TAHAPAN
|
Indikator
|
Tahap
Tahap I
Penilaian kemampuan
awal siswa
|
1. Pemberian tes awal
kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa tentang materi mata
pelajaran IPS dan mengelompokkan
Siapa-siapa yang termasuk mampu dan kurang mampu
|
Tahap Tahap 2
Strategi
belajar
Ada dua
macam pendekatan yang digunakan yaitu bentuk ekspositori dan bentuk inquiri
hhjjj
Hipote
|
1.
Ekpositori
Siswa mendengarkan ceramah dari guru tentang mata pelajan IPS
2.
Inquiri
Guru hanya menampilkan demostrasi. Setiap siswa mengajukan hipotesis
sebanyak-banyaknya serta pertanyaan kepada guru, hal ini bertujuan untu
membantu siswa dalam mengembangkan kreatifitas berfikirnya
|
Tahap 3
Penggunaan Media
|
1.
Siswa memperhatikan media proyeksi yang digunakan dalam mengkomunikasikan
materi pelajaran
2.
Melakukan tanya jawab tentang media yang ditampilkan
|
Tahap 4
Pengelompokan belajar
|
1. Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok secara heterogen
2. Membimbing siswa untuk
mengklarifikasi hipotesi yang diajukan, kemudian mendefenisikannya, sehingga
semua kelompok siswa dapat memahami materi
3.
Setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi
4. Penarikan kesimpulan
secara bersama sama
|
Tahap 5
Evaluasi hasil belajar
|
1.
Siswa diberikan tes evaluasi untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai
materi yang telah di ajarkan
|
Tahap 6
Analisis umpan balik
|
1.
Membantu
siswa dalam
memperbaiki tugas atau ada materi yang belum jelas. Serta mengevaluasi proses
pembelajaran
|
Sumber : Model
Pembelajaran Gerlach dan Ely ( Rusman, 2010 :115)
mantap modelnya
ReplyDeletehttp://rijal09.blogspot.com