Nilai-Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara (ASN)
Doc: Prajabatan CASN Gol. III Angkatan 2014 Pemerintah Kota Parepare |
A. Nilai - Nilai Dasar Profesi ASN
1.
Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah sebuah wujud dari suatu pertanggungjawaban, dimana
setiap individu
bertanggung jawab penuh atas pikiran, perkataan, perbuatan, emosi, cara kerja,
keputusan, dan sikap di tempat kerja. Akuntabilitas ini sesuatu yang tidak sederhana
dan mudah, maka diperlukan
pengendalian diri, kejujuran dan keikhlasan. Memiliki akuntabilitas berarti
melakukan yang terbaik dengan sebenar-benarnya. Sebagai ASN kita wajib memiliki
akuntabilitas atas hubungan, posisi, tugas, pekerjaan, dan hirarki. Media pertanggungjawaban
dalam konsep akuntabilitas tidak terbatas pada laporan pertanggungjawaban
saja, tetapi mencakup juga praktek-praktek kemudahan si pemberi mandat mendapatkan
informasi, baik langsung maupun tidak langsung secara lisan maupun tulisan.
Adapun
indikator akuntabilitas antara lain :
a.
Mampu mengambil pilihan
yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan, antara kepentingan
publik dengan kepentingan sektor, kelompok, dan pribadi;
b.
Memiliki pemahaman dan
kesadaran untuk menghindari dan mencegah
keterlibatan ASN dalam politik praktis;
c.
Memperlakukan
warga secara sama dan adil dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan
publik;
d.
Menunjukan sikap
dan perilaku yang konsisten dan dapat diandalkan sebagai penyelenggara
pemerintahan.
2. Nasionalisme
Nasionalisme adalah sikap atau perilaku yang
diwujudkan atau diaktualisasikan dalam bentuk tindakan untuk memelihara dan
melestarikan identitas dan terus
berjuang untuk memajukan
bangsa dan Negara. Fungsi ASN sebagai perekat dan
pemersatu bangsa dan negara yaitu setiap pegawai ASN harus memiliki jiwa
nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang kuat, memiliki kesadaran sebagai
penjaga kedaulatan negara, menjadi perekat bangsa dan mengupayakan situasi
damai di seluruh wilayah Indonesia, dan menjaga keutuhan NKRI.
Ciri-ciri nasionalisme, antara lain :
1.
Memiliki rasa cinta pada tanah air ( patriotisme ).
2.
Bangga
menjadi bangsa dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia.
3.
Menempatkan kepentingan bersama daripada kepentingan
sendiri dan golongan atau kelompoknya.
4.
Mengakui
dan menghargai sepenuhnya keanekaragaman pada diri bangsa Indonesia.
5.
Bersedia
mempertahankan dan memajukan negara dan nama baik bangsanya.
6.
Senantiasa membangun rasa persaudaraan, solidaritas,
kedamaian, dan anti kekerasan
antar kelompok masyarakat dengan semangat persatuan.
antar kelompok masyarakat dengan semangat persatuan.
7.
Menyadari sepenuhnya bahwa kita adalah sebagai bagian
dari bangsa lain untuk menciptakan hubungan kerja sama yang
saling menguntungkan.
3. Etika Publik
Etika Publik adalah refleksi tentang Standar /
norma yang menentukan baik/buruk, benar/salah perilaku, tindakan dan keputusan
untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab
pelayanan publik. Fokus etika publik setidaknya ada tiga, pertama pelayanan
publik berkualitas dan relevan. Artinya, kebijakan publik harus responsif dan
mengutamakan kepentingan publik. Kedua, fokus refleksi karena tak hanya
menyusun kode etik atau norma, etika publik membantu mempertimbangkan pilihan
sarana kebijakan publik dan alat evaluasi. Ketiga, modalitas etika: bagaimana
menjembatani norma moral dan tindakan.
Sebagai ASN, dalam menjalankan tugas kita harus
menjunjung tinggi nilai nilai etika publik dengan memegang kode etikASN, Nilai
dasar ASN, Sumpah ASN dan Sumpah Jabatan.
Adapun
indikator etika publik antara lain :
a. Memahami kode etik dan perilaku
pejabat publik;
b. Memahami bentuk-bentuk kode etik
dan implikasinya; dan
c. Mampu menganalisis dan menilai apa yang dikerjakan
dengan nilai nilai dasar etika publik.
4. Komitmen Mutu
Sebagai abdi negara, seorang ASN tidak sekadar
mendapat upah/gaji dari negara tetapi memiliki komitmen terhadap negara.
Berkomitmen terhadap negara tampak dalam pelayanan dan sikap disiplin untuk
selalu mengikuti peraturan yang menjadi konsekuensi dari identitasya sebagai
ASN. Seorang ASN yang bermutu akan menampilkan kualitas diri melalui pelayanan
yang diberikan kepada masyarakat. Kualitas kerja yang dimaksud hanya mungin
tercapai kalau seorang ASN menyadari betapa besar harapan masyarakat akan
sentuhan tangan dalam pelayanannya yang optimal dan maksimal.
Untuk mewujudkan komitmen mutu dalam diri kita
setidaknya kita harus selalu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mem-perdalam pengetahuan dengan tujuan
agar dapat melaksanakan tugasnya berdaya
guna dan berhasil guna. Adapun indikator komitmen mutu, yaitu:
a. Mampu memahami tindakan yang menghargai efektivitas,
efisiensi, inovasi dan kinerja berorientasi mutu dalam penyelenggaraan
pemerintahan dan pelayanan publik;
b. Menunjukan sikap perilaku kinerja kreatif dan inovatif
yang berorientasi mutu dalam penyelenggaraan pemerintahan
dan pelayanan publik
5. Anti Korupsi
Anti korupsi adalah pilihan sikap untuk tidak
memberikan toleransi terhadap segala
bentuk penyimpangan atas diskresi seorang atau sekelompok ASN terutama yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya material
yang ada pada kewenangan mereka. Anti
korupsi diawali dengan sikap mental tentang kesadaran akan buruknya korupsi
kemudian menjauhi korupsi dan mencegah orang-orang di sekitarnya dari perbuatan
korupsi.
Dalam bekerja kita harus menerapkan nilai nilai anti korupsi
diantaranya, kejujuran kepedulian,
kemandirian, kedisiplinan, tanggung Jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian, keadilan.
Adapun indikator anti korupsi adalah :
a.
Menyadari dampak perilaku dan tindak pidana korupsi bagi
kehidupan diri
pribadi,
keluarga, masyarakat, dan bangsa;
b. Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perilaku dan
tindak pidana korupsi;
c. Mampu menjelaskan pembangunan sistem integritas untuk
mencegah terjadinya korupsi di lingkungannya (kesediaan, isentifikasi dan
internalisasi); dan
d. Mengaktualisasikan nilai dasar anti korupsi bagi
kehidupan diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
B. Kegiatan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi ASN
Rancangan aktualisasi nilai dasar profesi ASN
merupakan rencana setiap peserta diklat prajabatan dalam mengaktualisasikan
nilai dasar ANEKA tersebut. Adapun kegiatan yang telah disusun akan dipaparkan
di bawah ini.
1.
Tugas
Organisasi:
a.
Meningkatkan
efektifitas dan efisiensi layanan pendidikan
b.
Meningkatkan
ketersediaan dan keterjangkauan layanan
pendidikan
c.
Meningkatkan
imtaq dan iptek yang berkualitas daya saing global
d.
Mewujudkan
pelayanan bermutu dan berkualitas di bidang sarana dan prasarana pendidikan
e.
Menghasilkan
generasi berkarakter dan berdaya saing
f.
Memaksimalkan
penataan objek wisata.
2.
Tugas Unit:
a.
Melaksanakan
pembelajaran yang berkualitas
b.
Mengembangkan
pembelajaran aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
c.
Mengupayakan
lingkungan sekolah yang beriman.
d.
Mengembangkan
pembelajaran yang berkarakter
3. Tugas Pokok dan Fungsi Guru
a.
Membuat program pengajaran (silabus, RPP, dll)
b.
Menganalisa materi pelajaran
c.
Membuat lembar kerja peserta didik
d.
Membuat program harian / jurnal kerja
e.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
f.
Melaksanakan kegiatan penilaian baik ulangan harian,
tengah semester/ akhir semester.
g.
Melaksanakan
analisis ulangan, program remedial, pengayaan
h.
Mengisi
daftar nilai, mengisi rapor
i.
Melaksanakan
bimbingan kelas / konseling.
j.
Melaksanakan
bimbingan guru apabila telah mengikuti pelatihan.
k.
Membuat dan menggunakan
alat bantu mengajar / alat peraga.
l.
Mengikuti
kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum.
m.
Melaksanakan
tugas tertentu di sekolah ( PKS, wali kelas, dll)
n.
Membuat
catatan tentang kemajuan peserta didik.
o.
Meneliti
daftar hadir siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung.
p.
Mengatur
kebersihan ruang kelas dan sekitarnya.
q.
Mengumpulkan
angka kredit dan menghitungnya untuk kenaikan pangkat
r.
Menumbuhkembangkan
sikap menghargai seni.
s.
Mengikuti
kegiatan kurikulum dan mengadakan penelitian tindakan kelas.
No
|
Indikator Nilai Dasar
|
Informasi yang
Relevan
dengan
Nilai-nilai Dasar
|
Daftar Kegiatan
|
|
Kebutuhan
Stakeholder
|
Tupoksi Pegawai (Guru)
|
|||
1
|
Akuntabilitas
|
ü Kepala sekolah mengharapkan kelengkapan
administrasi dalam proses pembelajaran
ü Pengawas mengharapkan kelengkapan
administrasi guru dalam supervisi kinerja guru
ü Siswa mengharapkan proses pembelajaran
yang terencana dan terstruktur
|
Membuat dan menyusun program
perangkat pembelajaran
|
Menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
2
|
Akuntabilitas
|
ü Kepala sekolah mengharapkan guru yang
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam proses belajar mengajar di
kelas
ü Pengawas mengharapkan kecakapan/
keterampilan guru dalam proses mengajar untuk supervisi kinerja
ü Siswa mengharapkan proses
pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
|
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
|
Melaksanakan
proses belajar mengajar di kelas
|
3
|
Akuntabilitas
|
ü Kepala sekolah mengharapkan kelengkapan
administrasi dalam penunjang proses pembelajaran
ü Siswa membutuhkan penunjang kegiatan
pembelajaran agar suasana pembelajaran teratur dan kondusif
|
Melaksanakan tugas wali kelas dalam hal kegiatan
administrasi kelas
|
Mengisi agenda harian (jurnal kerja) dan daftar
hadir siswa
|
4
|
Nasionalisme
|
ü Kepala Sekolah membutuhkan penanaman
keterampilan pelatihan upacara bendera pada siswa
ü Siswa mengharapkan ilmu dan
keterampilan/ ketangkasan sebagai pelaksana/ petugas upacara bendera
|
Membimbing siswa dalam latihan upacara bendera
|
Melakukan pelatihan dan memberikan arahan kepada
siswa dalam latihan upacara bendera
|
5
|
Nasionalisme
|
ü Kepala sekolah mengharapkan penanaman
budaya kerjasama, kekeluargaan, dan gotongroyong sehingga tercipta kebersihan
dan keindahan di lingkungan sekolah
ü Siswa membutuhkan lingkungan yang bersih
dan nyaman dalam proses belajar
ü Masyarakat mengharapkan lingkungan yang
bersih dan sehat
|
Mengatur
kebersihan ruang kelas dan lingkungan
sekolah
|
Melaksanakan jumat bersih dengan kerja bakti
|
6
|
Nasionalisme
|
ü Kepala sekolah mengharapkan guru yang
mampu menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme siswa
ü Siswa membutuhkan penanaman nilai dan
pelajaran sejarah yang dapat memberikan energi positif dalam pengembangan
karakter dirinya
ü Orangtua siswa mengharapkan anaknya
tekun dalam menuntut ilmu di sekolah sebagai bentuk penerapan perjuangan
kemerdekaan di saat sekarang ini
|
Mengikuti kegiatan pengembangan dan
permasyarakatan kurikulum
|
Pemutaran Film Soekarno “Detik-detik Proklamasi”
|
7
|
Etika Publik
|
ü Kepala sekolah membutuhkan inovasi guru
dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan
ü Siswa membutuhkan suasana kelas yang
kondusif dalam menunjang proses dalam belajar
|
Melakukan pengelolaan dan pengaturan tata ruang kelas
|
Membuat “Papan karya” kelas dan Membuat papan hasil
kerja kelompok
|
8
|
Etika Publik
|
ü Kepala sekolah mengharapkan terbentuknya
disiplin pegawai di lingkungan sekolah
ü Siswa membutuhkan penanaman budaya
disiplin, tepat waktu, dan tertib di lingkungan sekolah
ü Orangtua siswa mengharapkan anaknya
disiplin menghargai waktu
|
Melaksanakan apel baris berbaris sebelum
masuk kelas
|
ü Mengajarkan siswa cara/ petunjuk baris
berbaris dalam menertibkan siswa
ü Membiasakan siswa menyalami tangan guru
sebelum masuk kelas
|
9
|
Komitmen mutu
|
ü Kepala sekolah membutuhkan inovasi guru
dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan
ü Siswa mengharapkan media/ fasilitas
belajar yang efektif dan efisien
|
Menggunakan
alat bantu mengajar/ media pembelajaran
yang inovatif
|
Mempresentasikan/ menampilkan video media
pembelajaran interaktif
|
10
|
Komitmen mutu
|
ü Kepala sekolah mengharapkan pembelajaran
yang efektif dan efisien dalam peningkatan keberhasilan siswa
ü Siswa membutuhkan media alat peraga
dalam proses pemahaman materi yang diajarkan
ü Orang tua peserta didik mengharapkan
peningkatan kualitas pendidikan anaknya
|
Membuat
alat bantu mengajar/ alat peraga yang inovatif
|
Guru mempersiapkan kelengkapan,
merancang dan mendesain alat peraga yang akan dibuat
|
11
|
Komitmen Mutu
|
ü Kepala sekolah mengharapkan guru yang
mampu mengembangkan 3 kemampuan dasar siswa utamnya di tingkat sekolah dasar
khususnya membaca, menulis dan menghitung
ü Siswa membutuhkan penagajaran yang
menarik terkhusus pada cara mudah menghapal dan mempelajari perkalian.
Orangtua siswa mengharapkan anaknya cakap/ terampil berhitung
|
Mengikuti
kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum
|
Memberikan Tiket Perkalian Sebelum Masuk Kelas
|
12
|
Komitmen Mutu
|
ü Kepala sekolah mengharapkan guru yang
mempunyai kompetensi khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai
standar.
ü Pemerintah membutuhkan peta
kompetensi guru sebagai bahan dalam menentukan bentuk pelatihan dan program
pembinaan dalam meningktkan kualitas guru
ü Orangtua siswa mengharapkan guru yang
memiliki kecakapan dan keterampilan mengajar yang kompeten dalam mengajarkan
anaknya
ü Siswa membutuhkan guru yang terampil
dalam mengajar dan menguasai ilmu pengetahuan dengan baik
|
Mengikuti ujian, pelatihan dan
pengembangan kompetensi guru
|
Mengikuti Kegiatan Uji Kompetensi Guru (UKG)
|
13
|
Anti korupsi
|
ü Kepala sekolah membutuhkan laporan hasil
belajar siswa dalam hal evaluasi nilai sebagai bagian administrasi kelas
ü Siswa membutuhkan informasi kejelasan
nilai dari hasil belajarnya
ü Orangtua siswa mengharapkan penilaian yang objektif dan
kemajuan perkembangan anaknya
|
Melaksanakan
kegiatan penilaian ulangan harian
|
ü Mengevaluasi hasil belajar (ulangan harian) siswa
ü Mengisi analisis soal ulangan harian
siswa
|
14
|
Anti korupsi
|
ü Kepala sekolah membutuhkan guru yang
mampu menanamkan nilai-nilai anti korupsi (jujur, peduli, mandiri, disiplin,
tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil ) dalam diri siswa
ü Siswa membutuhkan pengajaran nilai
kepedulian (anti korupsi) untuk dirinya
ü Orangtua siswa mengharapkan perubahan perilaku pada
anaknya, utamanya dalam hal kejujuran dan kepedulian
|
Menumbuhkan sikap
menghargai seni dengan membuat poster anti korupsi
|
ü Membimbing dan mengarahkan siswa dalam
menggambar poster anti korupsi
|
15
|
Anti Korupsi
|
ü Kepala sekolah membutuhkan guru yang
mampu menanamkan nilai-nilai anti korupsi (jujur, peduli, mandiri, disiplin,
tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil ) dalam diri siswa
ü Siswa membutuhkan pengajaran nilai
kepedulian (anti korupsi) untuk dirinya melalui media yang menarik (animasi)
ü Orangtua siswa mengharapkan perubahan perilaku pada
anaknya, utamanya dalam hal berani, jujur, disiplin dan bertanggungjawab.
|
Menumbuhkan sikap peduli
anti korupsi melalui tayangan film animasi
|
Pemutaran Film Anti Korupsi “ Sahabat Pemberani”
|
Tabel : Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai
Dasar ASN
0 Response to "Nilai-Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara (ASN)"
Post a Comment