Nilai-Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara (ASN)


Doc: Prajabatan CASN Gol. III Angkatan 2014 Pemerintah Kota Parepare
A.    Nilai - Nilai Dasar Profesi ASN
1.      Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah sebuah wujud dari suatu pertanggungjawaban, dimana setiap individu bertanggung jawab penuh atas pikiran, perkataan, perbuatan, emosi, cara kerja, keputusan, dan sikap di tempat kerja. Akuntabilitas ini sesuatu yang tidak sederhana dan mudah, maka diperlukan pengendalian diri, kejujuran dan keikhlasan. Memiliki akuntabilitas berarti melakukan yang terbaik dengan sebenar-benarnya. Sebagai ASN kita wajib memiliki akuntabilitas atas hubungan, posisi, tugas, pekerjaan, dan hirarki. Media pertanggungjawaban dalam konsep akuntabilitas tidak terbatas pada laporan pertanggungjawaban saja, tetapi mencakup juga praktek-praktek kemudahan si pemberi mandat mendapatkan informasi, baik langsung maupun tidak langsung secara lisan maupun tulisan.
Adapun indikator akuntabilitas antara lain :
a.    Mampu mengambil pilihan yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan, antara kepentingan publik dengan kepentingan sektor, kelompok, dan pribadi;
b.    Memiliki pemahaman dan kesadaran untuk menghindari dan  mencegah keterlibatan ASN dalam politik praktis;
c.    Memperlakukan warga secara sama dan adil dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik;
d.   Menunjukan sikap dan perilaku yang konsisten dan dapat diandalkan sebagai penyelenggara pemerintahan.
2.      Nasionalisme
Nasionalisme adalah sikap atau perilaku yang diwujudkan atau diaktualisasikan dalam bentuk tindakan untuk memelihara dan melestarikan  identitas dan terus berjuang untuk memajukan bangsa dan Negara. Fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa dan negara yaitu setiap pegawai ASN harus memiliki jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang kuat, memiliki kesadaran sebagai penjaga kedaulatan negara, menjadi perekat bangsa dan mengupayakan situasi damai di seluruh wilayah Indonesia, dan menjaga keutuhan NKRI.
Ciri-ciri nasionalisme, antara lain :
1.                Memiliki rasa cinta pada tanah air ( patriotisme ).
2.                Bangga menjadi bangsa dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia.
3.                Menempatkan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri dan golongan atau kelompoknya.
4.                Mengakui dan menghargai sepenuhnya keanekaragaman pada diri bangsa Indonesia.
5.                Bersedia mempertahankan dan memajukan negara dan nama baik bangsanya.
6.                Senantiasa membangun rasa persaudaraan, solidaritas, kedamaian, dan anti kekerasan
antar kelompok masyarakat dengan semangat persatuan.
7.                Menyadari sepenuhnya bahwa kita adalah sebagai bagian dari bangsa lain untuk menciptakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.
3.      Etika Publik
Etika Publik adalah refleksi tentang Standar / norma yang menentukan baik/buruk, benar/salah perilaku, tindakan dan keputusan untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab pelayanan publik. Fokus etika publik setidaknya ada tiga, pertama pelayanan publik berkualitas dan relevan. Artinya, kebijakan publik harus responsif dan mengutamakan kepentingan publik. Kedua, fokus refleksi karena tak hanya menyusun kode etik atau norma, etika publik membantu mempertimbangkan pilihan sarana kebijakan publik dan alat evaluasi. Ketiga, modalitas etika: bagaimana menjembatani norma moral dan tindakan.
Sebagai ASN, dalam menjalankan tugas kita harus menjunjung tinggi nilai nilai etika publik dengan memegang kode etikASN, Nilai dasar ASN, Sumpah ASN dan Sumpah Jabatan.
Adapun indikator etika publik antara lain :
a.    Memahami kode etik dan perilaku pejabat publik;
b.    Memahami bentuk-bentuk kode etik dan implikasinya; dan
c.    Mampu menganalisis dan menilai apa yang dikerjakan dengan nilai nilai dasar etika publik.
4.      Komitmen Mutu
Sebagai abdi negara, seorang ASN tidak sekadar mendapat upah/gaji dari negara tetapi memiliki komitmen terhadap negara. Berkomitmen terhadap negara tampak dalam pelayanan dan sikap disiplin untuk selalu mengikuti peraturan yang menjadi konsekuensi dari identitasya sebagai ASN. Seorang ASN yang bermutu akan menampilkan kualitas diri melalui pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Kualitas kerja yang dimaksud hanya mungin tercapai kalau seorang ASN menyadari betapa besar harapan masyarakat akan sentuhan tangan dalam pelayanannya yang optimal dan maksimal.
Untuk mewujudkan komitmen mutu dalam diri kita setidaknya kita harus selalu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mem-perdalam pengetahuan dengan tujuan agar dapat melaksanakan tugasnya  berdaya guna dan berhasil guna.  Adapun indikator komitmen mutu, yaitu:
a.    Mampu memahami tindakan yang menghargai efektivitas, efisiensi, inovasi dan kinerja berorientasi mutu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik;
b.    Menunjukan sikap perilaku kinerja kreatif dan inovatif yang berorientasi mutu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik
5.      Anti Korupsi
Anti korupsi adalah pilihan sikap untuk tidak memberikan toleransi terhadap segala bentuk penyimpangan atas diskresi seorang atau sekelompok ASN terutama yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya material yang ada pada kewenangan mereka. Anti korupsi diawali dengan sikap mental tentang kesadaran akan buruknya korupsi kemudian menjauhi korupsi dan mencegah orang-orang di sekitarnya dari perbuatan korupsi.
Dalam bekerja kita harus menerapkan nilai nilai anti korupsi diantaranya, kejujuran kepedulian, kemandirian, kedisiplinan, tanggung Jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian, keadilan.
Adapun indikator anti korupsi adalah :
a.    Menyadari dampak perilaku dan tindak pidana korupsi bagi kehidupan diri
pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa;
b.    Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perilaku dan tindak pidana korupsi;
c.    Mampu menjelaskan pembangunan sistem integritas untuk mencegah terjadinya korupsi di lingkungannya (kesediaan, isentifikasi dan internalisasi); dan
d.   Mengaktualisasikan nilai dasar anti korupsi bagi kehidupan diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
B.     Kegiatan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi ASN
Rancangan aktualisasi nilai dasar profesi ASN merupakan rencana setiap peserta diklat prajabatan dalam mengaktualisasikan nilai dasar ANEKA tersebut. Adapun kegiatan yang telah disusun akan dipaparkan di bawah ini.
1.      Tugas Organisasi:
a.       Meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan pendidikan
b.      Meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan  layanan pendidikan
c.       Meningkatkan imtaq dan iptek yang berkualitas daya saing global
d.      Mewujudkan pelayanan bermutu dan berkualitas di bidang sarana dan prasarana pendidikan
e.       Menghasilkan generasi berkarakter dan berdaya saing
f.       Memaksimalkan penataan objek wisata.
2.      Tugas Unit:
a.       Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas
b.      Mengembangkan pembelajaran aktif, inofatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
c.       Mengupayakan lingkungan sekolah yang beriman.
d.      Mengembangkan pembelajaran yang berkarakter
3.      Tugas Pokok dan Fungsi Guru
a.       Membuat program pengajaran (silabus, RPP, dll)
b.      Menganalisa materi pelajaran
c.       Membuat lembar kerja peserta didik
d.      Membuat program harian / jurnal kerja
e.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran
f.       Melaksanakan kegiatan penilaian baik ulangan harian, tengah semester/ akhir semester.
g.      Melaksanakan analisis ulangan, program remedial, pengayaan
h.      Mengisi daftar nilai, mengisi rapor
i.        Melaksanakan bimbingan kelas / konseling.
j.        Melaksanakan bimbingan guru apabila telah mengikuti pelatihan.
k.      Membuat dan menggunakan alat bantu mengajar / alat peraga.
l.        Mengikuti kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum.
m.    Melaksanakan tugas tertentu di sekolah ( PKS, wali kelas, dll)
n.      Membuat catatan tentang kemajuan peserta didik.
o.      Meneliti daftar hadir siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung.
p.      Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya.
q.      Mengumpulkan angka kredit dan menghitungnya untuk kenaikan pangkat
r.        Menumbuhkembangkan sikap menghargai seni.
s.       Mengikuti kegiatan kurikulum dan mengadakan penelitian tindakan kelas.
No
Indikator Nilai Dasar
Informasi yang Relevan
dengan Nilai-nilai Dasar
Daftar Kegiatan
Kebutuhan Stakeholder
Tupoksi Pegawai (Guru)
1
Akuntabilitas

ü  Kepala sekolah mengharapkan kelengkapan administrasi dalam proses pembelajaran
ü  Pengawas mengharapkan kelengkapan administrasi guru dalam supervisi kinerja guru
ü  Siswa mengharapkan proses pembelajaran yang terencana dan terstruktur
Membuat dan menyusun program perangkat pembelajaran
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

2
Akuntabilitas
ü  Kepala sekolah mengharapkan guru yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam proses belajar mengajar di kelas
ü  Pengawas mengharapkan kecakapan/ keterampilan guru dalam proses mengajar untuk supervisi kinerja
ü  Siswa mengharapkan proses pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
Melaksanakan proses belajar mengajar di kelas
3
Akuntabilitas

ü  Kepala sekolah mengharapkan kelengkapan administrasi dalam penunjang proses pembelajaran
ü  Siswa membutuhkan penunjang kegiatan pembelajaran agar suasana pembelajaran teratur dan kondusif
Melaksanakan tugas wali kelas dalam hal kegiatan administrasi kelas
Mengisi agenda harian (jurnal kerja) dan daftar hadir siswa
4
Nasionalisme

ü Kepala Sekolah membutuhkan penanaman keterampilan pelatihan upacara bendera pada siswa
ü Siswa mengharapkan ilmu dan keterampilan/ ketangkasan sebagai pelaksana/ petugas upacara bendera
Membimbing siswa dalam latihan upacara bendera
Melakukan pelatihan dan memberikan arahan kepada siswa dalam latihan upacara bendera

5
Nasionalisme

ü Kepala sekolah mengharapkan penanaman budaya kerjasama, kekeluargaan, dan gotongroyong sehingga tercipta kebersihan dan keindahan di lingkungan sekolah
ü Siswa membutuhkan lingkungan yang bersih dan  nyaman dalam proses belajar
ü Masyarakat mengharapkan lingkungan yang bersih dan sehat
Mengatur kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah
Melaksanakan jumat bersih dengan kerja bakti
6
Nasionalisme

ü  Kepala sekolah mengharapkan guru yang mampu menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme siswa
ü  Siswa membutuhkan penanaman nilai dan pelajaran sejarah yang dapat memberikan energi positif dalam pengembangan karakter dirinya
ü  Orangtua siswa mengharapkan anaknya tekun dalam menuntut ilmu di sekolah sebagai bentuk penerapan perjuangan kemerdekaan di saat sekarang ini
Mengikuti kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum
Pemutaran Film Soekarno “Detik-detik Proklamasi”
7
Etika Publik
ü  Kepala sekolah membutuhkan inovasi guru dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan
ü  Siswa membutuhkan suasana kelas yang kondusif dalam menunjang proses dalam belajar
Melakukan pengelolaan dan pengaturan tata ruang kelas
Membuat “Papan karya” kelas dan Membuat papan hasil kerja kelompok
8
Etika Publik

ü  Kepala sekolah mengharapkan terbentuknya disiplin pegawai di lingkungan sekolah
ü  Siswa membutuhkan penanaman budaya disiplin, tepat waktu, dan tertib di lingkungan sekolah
ü  Orangtua siswa mengharapkan anaknya disiplin menghargai waktu
Melaksanakan apel baris berbaris sebelum masuk kelas

ü  Mengajarkan siswa cara/ petunjuk baris berbaris dalam menertibkan siswa
ü  Membiasakan siswa menyalami tangan guru sebelum masuk kelas



9
Komitmen mutu

ü Kepala sekolah membutuhkan inovasi guru dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan
ü Siswa mengharapkan media/ fasilitas belajar yang efektif dan efisien


Menggunakan alat bantu mengajar/ media pembelajaran yang inovatif

Mempresentasikan/ menampilkan video media pembelajaran interaktif

10
Komitmen mutu
ü  Kepala sekolah mengharapkan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam peningkatan keberhasilan siswa
ü  Siswa membutuhkan media alat peraga dalam proses pemahaman materi yang diajarkan
ü  Orang tua peserta didik mengharapkan peningkatan kualitas pendidikan anaknya
Membuat alat bantu mengajar/ alat peraga yang inovatif



Guru mempersiapkan kelengkapan, merancang dan mendesain alat peraga yang akan dibuat
11
Komitmen Mutu

ü  Kepala sekolah mengharapkan guru yang mampu mengembangkan 3 kemampuan dasar siswa utamnya di tingkat sekolah dasar khususnya membaca, menulis dan menghitung
ü  Siswa membutuhkan penagajaran yang menarik terkhusus pada cara mudah menghapal dan mempelajari perkalian.
Orangtua siswa mengharapkan anaknya cakap/ terampil berhitung
Mengikuti kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum
Memberikan Tiket Perkalian Sebelum Masuk Kelas
12
Komitmen Mutu

ü  Kepala sekolah mengharapkan guru yang mempunyai kompetensi khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai standar.
ü  Pemerintah membutuhkan peta kompetensi guru sebagai bahan dalam menentukan bentuk pelatihan dan program pembinaan dalam meningktkan kualitas guru
ü  Orangtua siswa mengharapkan guru yang memiliki kecakapan dan keterampilan mengajar yang kompeten dalam mengajarkan anaknya
ü  Siswa membutuhkan guru yang terampil dalam mengajar dan menguasai ilmu pengetahuan dengan baik
Mengikuti ujian, pelatihan dan pengembangan kompetensi guru
Mengikuti Kegiatan Uji Kompetensi Guru (UKG)
13
Anti korupsi
ü  Kepala sekolah membutuhkan laporan hasil belajar siswa dalam hal evaluasi nilai sebagai bagian administrasi kelas
ü  Siswa membutuhkan informasi kejelasan nilai dari hasil belajarnya
ü  Orangtua siswa  mengharapkan penilaian yang objektif dan kemajuan perkembangan anaknya
Melaksanakan kegiatan penilaian  ulangan harian

ü  Mengevaluasi hasil belajar (ulangan harian) siswa
ü  Mengisi analisis soal ulangan harian siswa

14
Anti korupsi
ü  Kepala sekolah membutuhkan guru yang mampu menanamkan nilai-nilai anti korupsi (jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil ) dalam diri siswa
ü  Siswa membutuhkan pengajaran nilai kepedulian (anti korupsi) untuk dirinya
ü  Orangtua siswa  mengharapkan perubahan perilaku pada anaknya, utamanya dalam hal kejujuran dan kepedulian
Menumbuhkan sikap menghargai seni dengan membuat poster anti korupsi

ü  Membimbing dan mengarahkan siswa dalam menggambar poster anti korupsi


15
Anti Korupsi

ü  Kepala sekolah membutuhkan guru yang mampu menanamkan nilai-nilai anti korupsi (jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil ) dalam diri siswa
ü  Siswa membutuhkan pengajaran nilai kepedulian (anti korupsi) untuk dirinya melalui media yang menarik (animasi)
ü  Orangtua siswa  mengharapkan perubahan perilaku pada anaknya, utamanya dalam hal berani, jujur, disiplin dan bertanggungjawab.
Menumbuhkan sikap peduli anti korupsi melalui tayangan film animasi
Pemutaran Film Anti Korupsi “ Sahabat Pemberani” 
Tabel : Kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar ASN


0 Response to "Nilai-Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara (ASN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel